Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jenderal Kudeta Myanmar Mau ke Jakarta, Mau Reunian Sama Pak Moeldoko?

Jenderal Kudeta Myanmar Mau ke Jakarta, Mau Reunian Sama Pak Moeldoko? Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pekan depan, pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing dijadwalkan bakal datang ke Jakarta. Dia akan menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Rencana kedatangan Jenderal Min Aung ini diusilin Netizen Tanah Air. Salah satunya ada yang menanyakan, apakah Jenderal Min Aung akan bereuni dengan Jenderal Moeldoko, sobatnya di sini yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

Rencana kedatangan Min Aung ke Jakarta diumumkan Kementerian Luar Negeri Thailand. Ini akan menjadi perjalanan resmi pertama Min Aung sejak tragedi berdarah kudeta militer Myanmar yang menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi.

Baca Juga: Menlu Thailand Sebut Pemimpin Junta Militer Myanmar Bakal Hadiri KTT ASEAN di Jakarta

“Beberapa pemimpin telah mengkonfirmasi kehadiran mereka termasuk MAH Myanmar (Min Aung Hlaing),” kata Juru Bicara Kemenlu Thailand Tanee Sangrat dalam keteranganya kepada wartawan seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (17/4).

Namun, Jubir Kemlu Indonesia Teuku Faizasyah belum bisa memastikan apakah Min Aung benar-benar akan datang. Kata dia, pengumuman resmi terkait kehadiran Min Aung akan diumumkan oleh Brunei Darussalam, selaku pemimpin ASEAN saat ini.

“Mengenai kehadiran pemimpin ASEAN dan lain-lain, Brunei sebagai Ketua ASEAN saat ini yang akan mengumumkan,” ungkap Faizasyah di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, pertemuan para pemimpin negara ASEAN diselenggarakan di Indonesia karena kantor sekretariatnya berkedudukan di Jakarta.

Diketahui, Ming Aung merupakan otak di balik kudeta Myanmar dari kepemimpinan Aung San Suu Kyi. Alasan kudeta yang dilakukan Ming Aung lantaran Aung San dituduh melakukan kecurangan pada Pemilu November tahun lalu. Meskipun tuduhan tersebut telah dibantah oleh komisi Pemilu, namun pihak militer yang telah menguasai pemerintahan selama beberapa dekade itu, memutuskan untuk merebut kekuasaan secara paksa.

Apa urusannya dengan Moeldoko? Saat konflik Partai Demokrat terjadi awal Maret lalu, di dunia maya banyak beredar foto Min Aung bersama Moeldoko. Foto tersebut sebenarnya kejadian lama, yakni pada Februari 2014, saat Moeldoko masih menjabat sebagai Panglima TNI. Min Aung saat itu datang ke Mabes TNI di Cilangkap dan disambut Moeldoko.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: