Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perhatian! Penting Kenali Gejala Covid-19 Luar Biasa pada Bayi

Perhatian! Penting Kenali Gejala Covid-19 Luar Biasa pada Bayi Kredit Foto: Unsplash/Nyana Stoica
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bayi berusia empat bulan bernama George terdiagnosis dengan Covid-19 belum lama ini. Akan tetapi, George menunjukkan gejala Covid-19 yang tak biasa dan sekilas mirip seperti penyakit lain.

Ibu George, Myer Rudelhoff, mengatakan bayinya menunjukkan gejala seperti bercak merah pada kulit (mottled skin), bibir bengkak, dan ketidakmampuan untuk menahan cairan. Melihat gejala-gejala ini, Myer mengira bayinya mengalami sickness bug.

Baca Juga: Ruam di Pipi Muncul pada Bayi yang Terinfeksi Covid-19, Kok Bisa?

Gejala lain yang dialami oleh George adalah demam. Akan tetapi, Myer mengira demam tersebut muncul dikarenakan George sedang mengalami gigi tumbuh.

"Saya tidak menyangka bahwa (gejala) itu disebabkan oleh virus corona," ungkap Myer, seperti dilansir di Cosmopolitan, pertengahan Januari lalu.

Myer mulai menyadari ada sesuatu yang tak beres pada 2 Januari 2021. Saat itu, George mengalami muntah sehingga Myer langsung menghubungi nomor darurat 111. Oleh petugas, Myer disarankan untuk membawa George ke rumah sakit terdekat.

Kondisi George tampak memburuk dengan cepat setibanya mereka di rumah sakit. Di rumah sakit tersebut, George menjalani pemeriksaan Covid-19 dan dari situ baru diketahui bahwa bayi tersebut positif Covid-19.

"Ketika mereka berkata dia positif, saya menangis, itu sangat mengejutkan," kata Myer.

Kepada Myer, perawat di rumah sakit tersebut mengatakan bahwa mereka telah merawat beberapa anak dengan gejala serupa yaitu mottled skin dan tampak sakit. Kabar baiknya, George saat ini sudah pulih dan telah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Peneliti dari Spanyol juga pernah menyoroti adanya kemunculan ruam kulit pada pasien Covid-19 dewasa. Akan tetapi, gejala ruam tersebut baru muncul setelah diagnosis ditegakkan. Oleh karena itu, peneliti menilai gejala ruam kulit tak dapat diandalkan untuk mengenali Covid-19 lebih awal.

Berdasarkan studi, peneliti dari Spanyol mengungkapkan setidaknya ada lima jenis ruam kulit yang kerap ditemukan pada pasien Covid-19. Berikut ini adalah kelima jenis ruam kulit tersebut:

1. Lesi yang terlihat seperti bengkak di sekitar tangan dan kaki, yang bisa terasa gatal atau nyeri.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: