Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Mau Reshuffle Lagi setelah Idulfitri, 'Mungkin PAN Masuk Kabinet'

Jokowi Mau Reshuffle Lagi setelah Idulfitri, 'Mungkin PAN Masuk Kabinet' Kredit Foto: Sekretariat Presiden
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut akan kembali melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju setelah Lebaran Idulfitri 2021. Sebelumnya, Rabu (28/4/2021) Jokowi telah melakukan reshuffle kabinet setelah adanya perubahan nomenklatur kementerian. Ada dua menteri dan satu kepala badan yang dilantik Jokowi.

Pertama, Nadiem Makarim dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek). Kemudian, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi, serta Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Baca Juga: Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet Lagi Setelah Lebaran?

Direktur Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Hendri Satrio, mengatakan, jika benar akan ada reshuffle setelah Lebaran, diharapkan menjadi reshuffle terakhir sebelum Pemilihan Presiden tahun 2024.

"Ya enggak apa-apa kalau Pak Jokowi mau reshuffle lagi. Mudah-mudahan saja nanti yang setelah Lebaran itu reshuffle terakhir sebelum 2024," ungkap Hendri melalui pesan singkat, Kamis (29/4/2021).

Artinya, kata Hendri, jika benar reshuffle terjadi, akan menjadi reshuffle pamungkas untuk bisa menyolidkan partai-partai politik. Dengan begitu, bisa jadi untuk memfokuskan memberikan legacy atau warisan yang baik dari Kabinet Indonesia Maju.

Bisa jadi, kata Hendri, akan banyak perubahan di dalam kabinet, termasuk misalnya masuknya Partai Amanat Nasional (PAN) ke dalam pemerintahan. "Mungkin nanti di Mei itu akan banyak perubahan-perubahan, termasuk masuknya PAN, misalnya ke pemerintahan gitu. Atau ada beberapa menteri-menteri strategis yang mungkin diganti," katanya.

"Ya enggak apa-apa juga sih, kalau pengennya Pak Jokowi begitu, ya boleh gitu," tutup Hendri.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: