Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Terima 500 Ribu Dosis Vaksin Janssen dari Pemerintah Belanda

Indonesia Terima 500 Ribu Dosis Vaksin Janssen dari Pemerintah Belanda Kredit Foto: Kominfo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia untuk pertama kalinya menerima vaksin Janssen sebanyak 500 ribu dosis dari Pemerintah Belanda. Kedatangan vaksin tahap ke-56 ini merupakan dukungan kerja sama pemerintah Belanda yang ke-3. 

Menurut Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, sebelumnya pemerintah Indonesia telah menerima 657 ribu dosis vaksin AstraZeneca dari pemerintah Belanda sebagai bagian dari komitmen dose-sharing 3 juta dosis. Baca Juga: 9 Jenis Vaksin Kantongi EUA BPOM, Menkominfo: Dipastikan Aman!

"Atas nama pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada pemerintah Belanda atas solidaritas dan persahabatannya," ujar Menteri Retno, Sabtu (11/9/2021). Baca Juga: Dukungan Masyarakat Sangat Penting dalam Hadapi Pandemi Covid-19

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono menambahkan, selain ketibaan vaksin Janssen, hari ini Indonesia juga kedatangan vaksin tahap ke-57 berupa vaksin Sinovac. Vaksin dalam bentuk vaksin jadi yang tiba berjumlah 2.079.000 dosis melalui skema multilateral yakni kerja sama dengan COVAX Facility.

Menurut dr. Dante, jika dihitung dari kedatangan vaksin pertama di Desember 2020 lalu hingga tahap ke 56 dan 57 hari ini, maka Indonesia sudah memiliki total lebih dari 232 juta dosis vaksin baik dalam bentuk bahan baku bulk maupun vaksin dosis jadi.

Dia memaparkan, vaksin Janssen telah memperoleh Izin Penggunaan Darurat (EUA) dari Badan POM pada 7 September lalu dan akan dipakai untuk masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas dengan dosis tunggal sebanyak 0,5ml secara intramuskular. Di tahap awal ini, vaksin Janssen akan didistribusikan ke daerah aglomerasi.

"Dengan kedatangan dua vaksin ini, pemerintah optimis dapat mempercepat laju vaksinasi dan harapannya bulan ini kita dapat mencapai dua juta dosis vaksin per hari," ujarnya.

Dia menyebut, hingga 10 September kemarin, Indonesia telah menyuntikkan lebih dari 112 juta dosis vaksin Covid-19, yaitu 71,1 juta dosis pertama dan 40,8 juta dosis kedua. Laju vaksinasi di minggu pertama September ini juga sedang sangat tinggi-tingginya, diikuti kedatangan vaksin. Di 10 September kemarin, Indonesia menerima kedatangan empat vaksin sekaligus hanya dalam waktu satu hari.

"Vaksin yang tiba pun berasal dari merek yang berbeda yaitu Pfizer, Sinovac, dan AstraZeneca," katanya.

Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns mengaku senang dengan kedatangan vaksin Janssen tahap pertama ke Indonesia. Secara keseluruhan ini merupakan vaksin gelombang ke-3 yang disumbangkan pemerintah Belanda kepada pemerintah Indonesia.

Pada tahap pertama vaksin Janssen ini yang tiba sebanyak 500 ribu dosis. Menurut Grijns, akan ada lebih banyak pengiriman vaksin dalam pekan mendatang sehingga total vaksin yang disumbangkan setidaknya 3 juta dosis.

"Vaksin Janssen hanya membutuhkan satu kali suntikan sehingga efektif untuk menjangkau masyarakat di daerah terpencil sehingga hanya perlu melakukan satu kali perjalanan," ujar Grijns.

Dia menambahkan, pemerintah Belanda sangat senang dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam upaya melakukan vaksinasi secepat mungkin rakyat Indonesia. Selain vaksin, lanjutnya, pemerintah Belanda juga menyumbangkan Alat Pelindung Diri (APD). Menurut Grijns, sebuah kapal sudah berangkat dari Pelabuhan Rotterdam pekan lalu dan akan tiba di Jakarta dalam beberapa waktu mendatang.

"Saya berharap donasi yang kami berikan akan membantu rakyat Indonesia. Indonesia memiliki tempat berarti di hati kami," katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: