Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ditelepon Antony Blinken, Menlu Retno: AS Sampaikan Terima Kasih karena Perdamaian

Ditelepon Antony Blinken, Menlu Retno: AS Sampaikan Terima Kasih karena Perdamaian Kredit Foto: Twitter/@Menlu_RI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken pada Selasa (16/2/2021) menghubungi Menlu Republik Indonesia Retno Marsudi membahas berbagai isu terkait hubungan bilateral Indonesia-AS.

Mengutip Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price, dalam percakapan tersebut Menlu Blinken menegaskan semakin pentingnya Kemitraan Strategis Indonesia dan AS bagi kemakmuran kedua negara. Blinken berjanji untuk lebih memperkuat hubungan bilateral yang telah terjalin sejak lama.

Baca Juga: Kembali Sikapi Kudeta Militer, Menlu Retno: Keselamatan Rakyat Myanmar Harus Jadi Prioritas

Di bidang ekonomi, Kedua Menlu membahas peluang peningkatan perdagangan dan investasi antara AS dan Indonesia.

Isu Indo-Pasifik juga diangkat dalam pembicaraan tersebut, dengan Menlu Blinken menekankan pentingnya peran utama sentralitas ASEAN di kawasan tersebut.

Dia juga menggarisbawahi pentingnya menjaga Laut Cina Selatan yang bebas dan terbuka selain juga mengungkapkan keprihatinan atas kudeta di Myanmar.

Menlu Blinken menyampaikan terima kasih atas upaya Indonesia dalam membawa perdamaian di Afghanistan. Dia memuji kepemimpinan Menlu Retno sebagai teladan positif bagi perempuan dan anak perempuan.

Dia juga mencatat bahwa sebagai negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki wawasan khusus yang dapat ditawarkan kepada rakyat Afghanistan dalam usaha penyelesaian masalah politik.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: