Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Megawati Instruksikan Kader PDIP Tabur Bunga untuk 53 Awak Kapal Nanggala 402

Megawati Instruksikan Kader PDIP Tabur Bunga untuk 53 Awak Kapal Nanggala 402 Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) sekaligus Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya para prajurit TNI beserta seluruh anak buah kapal selam KRI Naggala 402 yang telah menunjukkan pengabdian paripurna sebagai patriot bangsa.

"Tiga hari terakhir ini, Ibu Megawati Soekarnoputri terus berzikir, mendoakan agar seluruh pencarian KRI Nanggala berjalan lancar, dan hingga akhirnya disampaikan pengumuman oleh Panglima TNI bahwa mereka telah gugur ketika menjalankan tugas," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam pers rilisnya, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: Wali Kota yang Didukung PDIP ini Blak-blakan Ngaku Banyak Belajar dari Anies

Lebih lanjut Hasto menuturkan, atas pengumuman yang disampaikan Panglima TNI bahwa ke-53 awak kapal dinyatakan gugur, tadi malam Megawati Soekarnoputri memberikan instruksi detail kepada para kader PDIP di Bali. Termasuk, Gubernur I Wayan Koster dan para bupati untuk mengadakan upacara tabur bunga.

"Ibu Megawati begitu sedih dan sangat memahami apa yang dirasakan oleh keluarga karena beliau sendiri pernah mengalami. Bahkan, terkait detail dalam kapal selam beliau juga paham karena ketika sebagai Presiden, menerima kehormatan Brevet Hiu Kencana yang disematkan di dalam kapal selam," ungkap Hasto.

Karena itulah, kata Hasto, guna menghormati arwah patriot bangsa yang telah gugur di KRI Nanggala tersebut, secara khusus dilakukan penghormatan dengan menyediakan bunga merah putih yang dirangkai membentuk bulatan sebanyak 53 dengan bertuliskan nama para kusuma bangsa. Hal ini yang sekaligus melambangkan tekad yang selalu kokoh, bulat, dan teguh di dalam menjalankan tugas negara. Selain itu, juga dipersiapkan bunga tabur, disertai dengan iringan doa dari para para pemuka agama.

"PDI Perjuangan juga akan mengadakan doa secara khusus bagi para arwah patriot bangsa dan sekaligus keluarga yang ditinggalkan agar diberi kekuatan dan ketabahan," ujar Hasto.

Hasto mengatakan, rencana upacara tabur bunga di tengah laut akan dipimpin oleh kader PDIP I Wayan Koster pada hari ini, Senin 26 April 2021 dan sekaligus bertepatan dengan hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

"Upacara doa dan tabur bunga dilaksanakan pada hari-hari ini pukul 13.30 di Labuhan Lalang, Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, dekat dengan lokasi tenggelamnya KRI Nanggala 402. Acara dihadiri oleh perwakilan semua umat beragama," pungkas dia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: