Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hati-Hati! Menristek Bilang Orang Tua Paling Rentan Kena Virus Covid-19 Jenis Baru

Hati-Hati! Menristek Bilang Orang Tua Paling Rentan Kena Virus Covid-19 Jenis Baru Kredit Foto: Freepik.
Warta Ekonomi, Jakarta -

Varian baru virus Corona (Covid-19) ditemukan di sejumlah negara. Salah satunya varian Corona dari Inggris, yaitu VUI 202012/01.

Menyikapi munculnya varian baru Covid-19, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengatakan virus ini lebih rentan mudah terkena ke orangtua.

"Mutasi virus Covid-19 ini paling banyak rentan pada orang tua" kata Bambang dalam video virtual, Kamis (24/12/2020).

Baca Juga: Mengerikan! Teror Varian Baru Virus Corona Sudah Sampai Nigeria

Dia menjelaskan, berdasarkan data, varian baru Covid-19 di Inggris lebih cepat menular, tidak seperti mutasi D614G yang juga banyak ditemukan di Indonesia. Salah satu yang juga menjadi persoalan adalah perubahan mutasi pada RBD (receptor binding domain).

"Bedanya yang sekarang ini ternyata memang dilihat dari data penyebarannya memang lebih cepat, dan salah satu yang dipengaruhi oleh virus dan varian ini adalah dia menyerang receptor binding domain (RBD)," katanya.

Menurut di, akurasi tes polymerase chain reaction (PCR) bisa saja terganggu dengan adanya varian ini. Hal ini berkaitan dengan pendeteksian salah satu gen.

"Dampak adanya varian ini adalah mesin pemeriksaan PCR, jadi mesin PCR itu salah satunya dia mendeteksi gen S, kalau mesin PCR-nya, diagnostiknya, menargetkan gen S, maka ada kemungkinan gangguan akurasi dengan adanya varian ini," tuturnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: