Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perang Lawan Armenia, Azerbaijan Gunakan Rudal LORA Israel

Perang Lawan Armenia, Azerbaijan Gunakan Rudal LORA Israel Kredit Foto: Antara/Defence Ministry of Azerbaijan/Handout via REUTERS
Warta Ekonomi, Baku -

Sebuah video yang diambil dari lokasi konflik antara pasukan Armenia dan Azerbaijan di wilayah Nagorno-Karabakh menunjukkan pasukan Baku menggunakan rudal LORA buatan Israel untuk menembaki jembatan di Armenia.

Azerbaijan saat ini memerangi pasukan etnis Armenia di daerah kantong pegunungan Nagorno-Karabakah itu setelah pertempuran pecah mulai hari Minggu lalu antara kedua belah pihak. Perang meluas setelah Armenia membela Nagorno-Karabakh atas ikatan etnis.

Nagorno-Karabakh yang diperintah etnis Armenia dulunya bagian dari wilayah Azerbaijan. Namun, wilayah itu memerdekakan diri setelah Uni Soviet bubar tahun 1990-an. Kemerdekaannya tidak diakui secara internasional dan dianggap Azerbaijan sebagai wilayah separatiis.

Baca Juga: Turki-Azerbaijan Terus Perang sampai Semua Tentara Armenia Angkat Kaki

Dalam video tersebut yang dimuat berbagai media, sebuah truk terlihat mendekati jembatan di sisi Armenia di zona konflik ketika sebuah rudal tiba-tiba menyerang dan meratakan jembatan tersebut.

LORA adalah rudal quasiballistic teater yang dibuat oleh Israel Aerospace Industry (IAI). Senjata ini dapat diluncurkan dari kapal atau darat, memiliki jangkauan operasional 400 km (250 mil) dan akurat dalam mencapai targetnya dalam sepuluh menit setelah peluncuran.

Azerbaijan adalah negara pertama dan satu-satunya yang dikonfirmasi di mana Israel mengirimkan rudal LORA melalui kesepakatan senjata yang terjadi pada tahun 2018.

Azerbaijan merupakan sekutu terkenal Israel, yang memasok Israel dengan sekitar 40 persen kebutuhan minyaknya. Negara ini adalah pelanggan lama dari bermacam-macam perusahaan pertahanan Israel, yang membeli drone, rudal, dan sistem senjata canggih lainnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: