Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menerawang Tatanan Baru Dunia Muslim di Tengah Dominasi Kuat AS-China

Menerawang Tatanan Baru Dunia Muslim di Tengah Dominasi Kuat AS-China Kredit Foto: Reuters/Kevin Lamarque
Warta Ekonomi, Islamabad -

Ekonom, pembawa berita, analis sekaligus Presiden Federasi Sekolah Swasta Seluruh Pakistan, Kashif Mirza, menyampaikan pandangannya tentang tatanan dunia Muslim melalui kolom yang dimuat di laman Daily Times, Selasa (12/1/2021).

Dia mengawalinya dengan mengatakan perubahan pemerintahan di Amerika Serikat akan menjadi titik kritis dalam membangun kembali tatanan internasional.

Baca Juga: Wapres: Sepanjang Pemerintah Memerintahkan, Umat Islam Wajib Menaati

Kondisi ini adalah perkembangan yang disambut baik karena Presiden terpilih Joe Biden telah menunjukkan niatnya untuk memprioritaskan koordinasi multilateral. Pemerintahannya akan memperbaiki hubungan dengan Eropa, yang sangat memburuk di bawah Trump, dan mendukung kerangka kerja internasional seperti Perjanjian Paris tentang pemanasan global dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Namun, dunia tidak dapat mengharapkan Amerika Serikat untuk memperbaiki tatanan internasional dengan sendirinya. Oleh karena itu, sulit untuk membayangkan Amerika Serikat akan kembali menjadi pembawa standar global untuk perdagangan bebas.  

Washington juga tidak mungkin segera kembali ke perjanjian perdagangan Kemitraan Trans-Pasifik. Presiden Donald Trump, yang memprioritaskan kepentingan Amerika dengan mengorbankan orang lain, telah menghancurkan kepercayaan negara lain terhadap Amerika Serikat. 

Virus corona baru telah membantu tren ini menyebar ke seluruh dunia dengan mempromosikan pola pikir eksklusif bahwa seseorang harus mengusir orang lain untuk melindungi hidupnya sendiri.  

Suasana internasional tegang, dan tatanan yang ada runtuh ketika negara-negara mengejar kepentingan nasional mereka yang sempit. Lingkaran setan ketidakpercayaan dan ketidakamanan harus dihentikan pada 2021. 

Dalam keamanan internasional juga, tidak ada jaminan Amerika Serikat akan mempertahankan kemampuan militernya yang luar biasa. Tatanan internasional dari norma baru ini tidak dapat mengandalkan kepemimpinan Amerika Serikat saja.

Pemerintahan Trump mencoba mengubah perilaku ekonomi China dengan memberikan tekanan pada perdagangan sambil mengabaikan koordinasi dengan negara lain.

Dengan kedua belah pihak menjatuhkan sanksi dan pembalasan berikutnya, situasi telah berubah menjadi Perang Dingin baru yang tidak produktif. Sistem global saat ini menyaksikan kembalinya persaingan kekuatan besar dengan kebangkitan Rusia dan China yang menimbulkan tantangan eksistensial bagi tatanan dunia liberal yang dominan dan mereka yang ingin mempertahankannya.

Meskipun Organisasi Perdagangan Dunia telah melemah, Jepang, Singapura, Australia, dan negara lain yang berkeinginan masih membahas aturan yang difokuskan pada distribusi data.

Bagi Jepang, aliansi dengan Amerika Serikat telah lama menjadi landasan kebijakan luar negeri, tetapi sekarang akan ada lebih banyak kesempatan daripada sebelumnya bagi negara tersebut untuk menggunakan kekuatannya secara mandiri.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: