Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PBNU ke Nadiem: Tadinya Kongkalikong, Didamprat Baru Minta Maaf

PBNU ke Nadiem: Tadinya Kongkalikong, Didamprat Baru Minta Maaf Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi -

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Marsudi Syuhud, mempertanyakan sikap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, yang meminta maaf kepada organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah serta Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI.

Nadim meminta maaf terkait polemik Program Organisasi Penggerak (POP) Kemendikbud dengan anggaran Rp595 miliar yang sebagian besar anggaran diserahkan pada Sampoerna Foundation dan Tanoto Foundation.

"Ketika didamprat publik tiba-tiba tadi menteri mengatakan kedua lembaga tidak akan menggunakan dana APBN. Karena ketahuan kita saja, maka ada kesepakatan minta maaf. Saya makin yakin tadinya itu kongkalikong," kata Marsudi di ILC tvOne, Selasa 28 Juli 2020.

Baca Juga: Nadiem Tegaskan Sampoerna dan Tanoto Tak Pakai Dana Negara

Selain itu, ia mempertanyakan konsultan yang digunakan untuk merekomendasi 100 lebih lembaga yang mendapat program POP adalah konsultan independen. Karena, lembaga ini tiba-tiba memberikan penilaian padahal Kemendikbud tidak pernah melakukan sosialisasi POP terlebih dahulu.

"Argumentasinya pakai konsultan independen, saya rasa, saya mencium baunya tidak independen. Masak pakai uang negara ditutup-tutup? Kita hanya dikasih waktu dua hari, kan aneh," jelasnya.

Sebelumnya Mendikbud Nadiem Anwar Makarim meminta maaf pada NU, Muhammadiyah, dan PGRI terkait polemik POP. 

"Dengan penuh rendah hati, saya memohon maaf atas segala keprihatinan yang timbul dan berharap agar tokoh dan pimpinan NU, Muhammadiyah, dan PGRI bersedia untuk terus memberikan bimbingan dalam proses pelaksanaan program yang kami sadari betul masih belum sempurna," kata Nadiem dalam video dari Kemendikbud di Jakarta, Selasa, 28 Juli 2020.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: