Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dibuka Kembali, Bandara Bali Sambut Wisatawan Domestik

Dibuka Kembali, Bandara Bali Sambut Wisatawan Domestik Kredit Foto: AP II
Warta Ekonomi, Jakarta -

General Manager Commercial PT Angkasa Pura I (Persero), Rahmat Adil Indrawan, menyampaikan bahwa Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menyambut penerbangan yang mengangkut wisatawan pada hari pertama dibukanya sektor pariwisata di Pulau Dewata untuk wisatawan domestik di tengah pandemi Covid-19.

"Kami menyambut baik dibukanya pariwisata Bali untuk wisatawan domestik. Dengan dibukanya kunjungan wisatawan domestik, hal ini merupakan suatu hal yang sangat positif," ujar Rahmat, Jumat (31/7/2020).

Baca Juga: Tertekan Pandemi, Angkasa Pura I Lirik Bisnis Baru

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, didampingi Rahmat Adil Indrawan dan Komandan lanud I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb Radar Soeharsono, serta sejumlah stakeholder bandara dan pariwisata lainnya menyambut wisatawan yang tiba melalui penerbangan Garuda Indonesia GA402 dari Jakarta.

Penumpang yang baru turun dari pesawat itu disambut dengan kalungan bunga dan diberikan suvenir sebelum menjalani proses pemeriksaan setibanya di Terminal Kedatangan Domestik seperti pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan termasuk dokumen kesehatan.

Rahmat Adil menuturkan, sektor pariwisata Bali terkena dampak yang cukup parah dari pandemi Covid-19 sehingga cukup banyak sektor kehidupan masyarakat Bali yang terdampak. Melalui pembukaan kunjungan wisatawan domestik tersebut, pihaknya berharap hal itu merupakan awal yang baik bagi bangkitnya kembali pariwisata Bali.

"Tentunya, pembukaan kembali pariwisata ini dibarengi dengan pengetatan penerapan protokol kesehatan, terutama di bandara sebagai pintu masuk utama. Kami juga selalu berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait dalam pelaksanaan serta evaluasi implementasinya," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, mengatakan, melalui pembukaan itu, pihaknya berharap dapat mengembalikan kepercayaan wisatawan domestik terhadap Bali.

"Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk Bali ke depan. Yang kami pentingkan sekarang adalah bagaimana menanamkan kepercayaan wisatawan domestik terhadap Bali sebagai destinasi pariwisata. Ini yang penting dan yang penting prosedur-prosedur untuk masuk Bali sudah terpenuhi semua, protokol kesehatan sudah dipenuhi dengan baik," ujar Tjokorda, Jumat (31/7/2020).

Ia menambahkan, terkait prosedur bagi wisatawan yang akan mengunjungi Pulau Dewata, menurutnya hal tersebut dapat berfungsi sebagai strategi promosi sekaligus upaya untuk memberikan rasa nyaman bagi wisatawan.

"Ini justru memberikan jaminan serta untuk meminimalisir dan menekan kemungkinan terburuk yang dapat terjadi, baik bagi warga Bali maupun wisatawan. Selain itu, ketika diberlakukan aturan, itu juga akan memberikan gambaran bagi wisatawan bahwa di Bali ini nyaman dan aman," ujar Tjokorda.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: