Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mudahkan Akses Pembiayaan ke Petani, BRI Agro Gandengan Sama TaniHub

Mudahkan Akses Pembiayaan ke Petani, BRI Agro Gandengan Sama TaniHub Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT BRI Agroniaga Tbk (AGRO) menggandeng salah satu perusahaan teknologi Agribisnis yang sedang berkembang di Indonesia yaitu TaniHub Group guna menunjang pertumbuhan ekosistem digital sektor keuangan dan perbankan. Hal tersebut setelah keduanya menandatangani Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Ebeneser Girsang selaku Direktur Utama BRI Agro dan Ivan Arie Sustiawan selaku CEO TaniHub Group, di Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Penandatanganan ini juga dihadiri oleh dan Indra Utoyo selaku Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BRI, Pamitra Wineka selaku President TaniHub Group, Sigit Murtiyoso selaku Direktur Bisnis BRI Agro dan Kaspar Situmorang selaku EVP Digital Banking Development & Operation BRI.

BRI Agro sebagai anak perusahaan yang ditunjuk sebagai digital attacker dalam entitas BRI Group, terus berupaya melakukan transformasi digital untuk dapat memperluas pasar di segmen digital khususnya di bidang pertanian. BRI Agro dan TaniHub Group mengemas kerjasama ini dengan nama program Indonesia Tani.

Baca Juga: Lebarkan Sayap di Segmen Digital, BRI Agro Kolaborasi dengan PAYFAZZ

Tujuan utama dari program ini adalah memudahkan akses pembiayaan bagi petani, mempermudah akses penjualan sarana produksi dan hasil pertanian, dan memperbaiki masalah supply chain di industri pertanian dengan pendekatan digital.

“Diharapkan Program Indonesia Tani, menjadi katalis untuk memajukan industri pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani” jelas Indra Utoyo Direktur Teknologi dan Operasi BRI.

Adapun, lingkup kerjasama antara BRI Agro dengan TaniHub Group berupa pembiayaan untuk petani dari BRI Agro melalui TaniFund, pembuatan digital marketplace pertanian dan masih ada inisiatif lainnya.

“Sebagai anak perusahaan BUMN kami siap terus berinovasi untuk usaha pemulihan ekonomi nasional yang juga diamanahkan oleh Kementrian BUMN untuk BRI Group. Kami melihat TaniHub Group merupakan partner yang tepat bagi kami melihat inovasi dan pengalaman mereka sebagai perusahaan agri-tech yang sudah berdiri sejak tahun 2016” ungkap Ebeneser.

Baca Juga: Industri Agro Kucurkan Rp32,5 Triliun Buat 26 Proyek, Ini 3 Sektor yang Diincar

Sejalan dengan Ebeneser Girsang, Ivan Arie mengatakan bahwa kolaborasi ini dapat membawa peran besar dalam peningkatan kesejahteraan petani Indonesia. “Petani tidak perlu lagi khawatir mengenai salah satu masalah terbesar mereka, yakni akses permodalan. Bahkan dengan ekosistem TaniHub Group, para petani juga mendapatkan jaminan pasar,” tambah Ivan Arie.

Berdasarkan data BPS di Triwulan III Tahun 2020, Sektor Pertanian merupakan salah satu sektor yang masih bisa tumbuh sebesar 2,15% y-o-y pada saat Pandemi Covid-19. "Penyaluran kredit BRI Agro pada Sept 2020 sebesar 55% disalurkan untuk agribisnis, dan kami adalah satu-satunya bank di Indonesia yang fokus untuk menggarap agribisnis. Selain itu kami juga dibekali oleh BRI dengan teknologi digital perbankan yang diharapkan dapat mengakselerasi industri agribisnis di Indonesia” tambah Ebeneser.

“Belajar dari apa yang terjadi pada tahun 2020, dimana pertanian Indonesia mengalami pertumbuhan dibandingkan dengan sektor lain yang mengalami kontraksi karena pandemi yang kita alami sejak Maret 2020, sektor pertanian

terbukti memiliki peran besar dalam pemulihan ekonomi Indonesia. Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat turut serta dalam memulihkan perekonomian Indonesia,” jelas Ivan.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan BRI Agro yang merupakan bagian dari BRI Group dapat meningkatkan layanan dan produk digitalnya bersama Tanihub Group untuk terus memperluas inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat.

“Kolaborasi ini merupakan wujud nyata kerjasama antara BRI Agro sebagai institusi perbankan dan Tanihub Group sebagai Start-Up dan Fintech, untuk terus mendukung pelaku UMKM khususnya agribisnis di Indonesia” tutup Ebeneser.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: