Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Ajak Ulama Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19

Jokowi Ajak Ulama Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19 Kredit Foto: Antara/Setpres-Lukas
Warta Ekonomi -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapan selamat hari lahir (harlah) ke-98 kepada organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU). Jokowi mengatakan, harlah NU menjadi momentum untuk mengukuhkan tali persaudaraan, ukhuwah islamiyah, dan ukhuwah wathaniyah yang menjadi modal ketangguhan bangsa.

"Saya mengucapkan selamat hari lahir ke-98 Hijriah NU yang jatuh pada tanggal 16 Rajab. Puncak harlah ini akan menjadi wasilah untuk mengukuhkan tali persaudaraan, ukhuwah islamiyah, dan ukhuwah wathaniyah yang merupakan modal utama ketangguhan bangsa Indonesia," ujar Presiden dalam sambutan secara virtual, Sabtu (27/2/2021).

Baca Juga: Polisi Tolak Laporan Hukum Kerumunan Massa Jokowi Karena...

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menerangkan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 dan menangani dampak ekonomi yang ditimbulkan. Ia mengatakan, pandemi yang sudah hampir satu tahun ini memberikan dampak luar biasa kepada masyarakat Indonesia. Banyak warga kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

"Saya tahu selama pandemi ini ada jutaan Nahdliyin yang terdampak. Ada ribuan pesantren dan lembaga pendidikan agama Islam yang juga terdampak," tuturnya.

Untuk itu, pemerintah berupaya keras untuk meringankan beban masyarakat di kala pandemi ini melalui sejumlah program bantuan sosial, program padat karya, dan kebijakan pemulihan ekonomi nasional lainnya.

Bagi kalangan pesantren sendiri, Pemerintah memberikan bantuan operasional pendidikan pesantren, bantuan pembelajaran daring, insentif guru pondok pesantren, dan masih terdapat beberapa program lain.

"Pemerintah menambah dukungan infrastruktur, pendampingan, pelatihan, dan pengembangan model bisnis untuk mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren sebagaimana amanat UU Pesantren," paparnya.

Di tengah ikhtiar bangsa dalam menangani pandemi, Presiden mengucap syukur kepada Allah Swt, karena berkat rahmatnya bangsa Indonesia dapat tetap tangguh menghadapi tantangan, bersatu, bergotong royong, saling membantu tanpa melihat perbedaan, dan saling peduli untuk meringankan beban dan kesulitan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: