Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Masih Bingung dengan Bentuk Negara Singapura yang Lagi Dilanda Badai Covid-19? Ini Fakta Sebenarnya

Masih Bingung dengan Bentuk Negara Singapura yang Lagi Dilanda Badai Covid-19? Ini Fakta Sebenarnya Kredit Foto: Unsplash/Justin Lim
Warta Ekonomi, Singapura -

Bentuk negara Singapura adalah republik parlementer yang berada di wilayah Asia Tenggara dan termasuk ke dalam salah satu anggota negara di ASEAN.

ASEAN adalah kepanjangan dari Association of Southeasy Asian Nations atau ASEAN yang beranggotakan 10 negara Asia Tenggara termasuk Singapura.

Baca Juga: Belajar dari Singapura, Percepatan Vaksinasi Lansia Diharapkan Tekan Angka Kematian

ASEAN ini terbentuk sesudah penandatangan Deklarasi Bangkok tanggal 8 Agustus 1967. Menyadur laman setnas-asean.id, di tanggal tersebut 5 wakil negara Asia Tenggara menyepakati dan menandatangani Deklarasi Bangkok di Bangkok, Thailand.

Negara-negara tersebut dikatakan sebagai pendiri ASEAN, yakni Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Nah, berikut ulasan mengenai bentuk negara Singapura secara lengkap yang disadur dari berbagai sumber.

Lalu, Bagaimana Bentuk Negara Singapura?

Sejarah Pemerintahan Singapura

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, negara ini menerapkan bentuk republik parlementer. Di negara ini, kepala negara dijabat oleh seorang Presiden, kemudian untuk pemerintahan dipimpin oleh seorang Perdana Menteri.

Kemudian secara umum bentuk pemerintahan Singapura terbagi atas tiga bagian terpisah yang meliputi: Legislatif yang terdiri atas Presiden dan Parlemen, Eksekutif yang terdiri atas Menteri Kabinet dan pemegang jabatan yang dipimpin oleh seorang Perdana Menteri, dan Yudikatif atau Kehakiman.

Bendera dari Singapura ini menyerupai negara Indonesia, yaitu berwarna merah putih. Tapi, dalam bendera Singapura ini ada bintang dan juga bulan yang berada di sisi kiri bagian atas. Kemudian dalam proses transaksi, Singapura memakai mata uang Dolar Singapura (SGD).

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: