Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Azerbaijan-Iran Target Adu Domba, Siasat Licik Armenia Lagi-lagi Terbongkar

Azerbaijan-Iran Target Adu Domba, Siasat Licik Armenia Lagi-lagi Terbongkar Kredit Foto: Azerbaijan's Presidential Press Office
Warta Ekonomi, Baku -

Armenia diyakini kembali menyebarkan berita bohong. Kementerian Pertahanan Armenia dikabarkan telah menyebar isu jika pasukan Angkatan Bersenjata Azerbaijan telah menembaki penduduk sipil Iran di wilayah perbatasan kedua negara.

Sebelumnya, sejumlah rumah warga sipil Iran di wilayah perbatasan rusak berat akibat serangan drone militer Azerbaijan. Dalam data yang dikutip dari Armen Press, diunggah sebuah rumah yang mengalami kerusakan cukup parah akibat serangan roket dan artileri.

Baca Juga: Mengerikan, Kota Terter Azerbaijan Dihujani 100 Roket Tentara Armenia

Tak hanya itu, Azerbaijan juga disebut Armenia telah mengerahkan sejumlah pasukan termasuk tentara bayaran serta sejumlah unit drone, ke wilayah perbatasan Iran.

"Tindakan Baku menghancurkan rumah-rumah perbatasan Iran, karena penempatan pasukan mereka di perbatasan Iran,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Armenia," katanya.

"Alih-alih mengerahkan posisi mereka ke utara-selatan, pasukan Baku dikerahkan di timur-barat. Selain mengirim pasukan, militer Azeri juga mengerahkan drone militer ke wilayah udara Iran. Mereka juga mengerahkan teroris di perbatasan Iran," lanjut pernyataan itu.

Infornasi yang disebarkan Armenia itu dengan tegas dibantah otoritas Azerbaijan. Kementerian Pertahanan Azerbaijan memastikan semuanya adalah berita bohong. Kementerian Perthanan yakin, Armenia mencoba mengadu domba Iran dan Azerbaijan, sehingga berujung pada rusaknya hubungan kedua negara.

Langkah penyebaran informasi palsu dilakukan Armenia, lantaran panik akibat kekalahan dalam perang. Sebab Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, telah memastikan seluruh wilayah perbatasan dengan Iran sudah berada di bawah kendali pasukannya.

"Pihak Armenia panik karena kami mengambil kendali atas perbatasan negara Iran-Azerbaijan. Mereka menyebarkan informasi palsu tersebut, dan mencoba merusak hubungan tingkat tinggi antara Azerbaijan dan Iran," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Azerbaijan.

Tersebarnya informasi palsu dipercayai juga adalah instruksi langsung dari para pemimpin politik dan militer Armenia. Armenia disebut tak senang dengan hubungan baik Azerbaijan-Iran, sementara di sisi lain negara yang dipimpin oleh Armen Sarkissian itu sangat membutuhkan negara lain.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: