Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukan Korut, Juga Bukan Iran, Afghanistan Dinobatkan Jadi Tempat Paling Mematikan di Dunia

Bukan Korut, Juga Bukan Iran, Afghanistan Dinobatkan Jadi Tempat Paling Mematikan di Dunia Kredit Foto: Reuters/Afghanistan Ministry of Defence
Warta Ekonomi, Kabul -

Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mengatakan Afghanistan tetap menjadi salah satu tempat paling mematikan bagi warga sipil di dunia, Rabu (21/7/2021). Negara itu sedang menghadapi meningkatnya kekerasan usai penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dan sekutu serta meluasnya serangan Taliban.

Organisasi kemanusiaan yang berbasis di Jenewa itu mengatakan telah menerima dan merawat hingga 49.500 warga sipil yang terluka perang di seluruh Afghanistan dalam enam bulan pertama tahun ini saja.

Baca Juga: Separuh Afghanistan Sudah Jatuh ke Tangan Taliban, Jenderal Amerika Buka-bukaan

"Itu adalah rata-rata 270 orang setiap hari yang membutuhkan perawatan untuk cedera yang seringkali sangat serius dan menyakitkan yang mengubah hidup," kata ICRC.

Menurut ICRC, perempuan dan anak-anak merupakan hampir setengah dari semua korban sipil di Afghanistan. Kepala ICRC di Afghanistan, Eloi Fillion, mengimbau pihak-pihak yang berkonflik untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil.

"Lebih dari empat dekade konflik bersenjata di Afghanistan telah menghancurkan sistem perawatan kesehatannya," katanya dikutip dari Anadolu Agency.

Terlebih lagi masyarakat menghadapi kebangkitan mematikan Covid-19 yang paralel dengan memburuknya kekerasan dalam beberapa bulan terakhir.

"Dengan Covid-19 menambah ancaman mematikan lainnya, akses ke perawatan kesehatan adalah salah satu kebutuhan kemanusiaan yang paling mendesak di mana pun di negara ini, terlepas dari afiliasi politiknya," ujar Fillion.

Sejak pengumuman rencana penarikan AS pada Mei, Taliban mengklaim telah merebut lebih dari 150 distrik di Afghanistan. Sementara, pasukan Afghanistan mengatakan mereka membunuh hingga 200 milisi setiap hari. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: