Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PAN Ajak Ridwan Kamil Masuk Partai, Dianggap Sebagai Saudara

PAN Ajak Ridwan Kamil Masuk Partai, Dianggap Sebagai Saudara Kredit Foto: Humas Pemprov Jabar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah datang tawaran bergabung di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kini Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kembali mendapat sinyal dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi menyambut baik kesiapan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) untuk maju dalam pemilihan Presiden 2024.

"Kang Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat di beberapa hasil lembaga survei memiliki popularitas dan elektabilitas yang cukup bagus untuk berkompetisi di Pilpres 2024 ini menjadi modal untuk Kang Emil untuk berkiprah dalam proses politik selanjutnya," ungkapnya.

Baca Juga: Calon Kepala Otorita IKN Mulai Mengerucut, Ridwan Kamil: Saya Tidak Bisa...

Menurutnya, Ridwan Kamil dan PAN telah memiliki kedekatan hingga kecocokan visi-misi. Dan PAN pun telah menganggap Ridwan Kamil sudah seperti keluarga sendiri. 

“Menurut saya Kang Emil itu rasanya at home apabila berada di lingkungan PAN karena kita sudah anggap sebagai saudara sendiri”, kata Viva Yoga.

Wakil Ketua Umum DPP PAN Bima Arya sebelumnya menyebut partainya melirik empat tokoh eksternal untuk pemilihan presiden 2024. Keempat tokoh itu hadir dalam Workshop Nasional PAN di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali awal pekan lalu.

Mereka adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Bima mengungkapkan partainya tertarik kepada keempat tokoh tersebut lantaran menduduki puncak hasil survei pilpres. “Mereka yang diambil ini kan karena menduduki puncak survei-survei pilpres 2024,” ujar Bima saat ditanya wartawan, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Bogor itu menyebut Ridwan Kamil mempunyai kans dalam Pilpres 2024 menggantikan Jokowi. Bima menyebut, Emil bisa mewakili generasi X dalam memimpin Indonesia yang notabene pada 2024 diisi 50 persen generasi millenial dan Z usia kisaran 18 hingga 40 tahun.

Baca Juga: Golkar Buka-Bukaan Soal Potensi Usung Anies Baswedan dan Ridwan Kamil di Pilpres 2024, Ternyata...

"Jadi artinya lebih dari 50 persen adalah anak-anak muda dibawah 40 tahun, yang harus kita hitung dan harus kita siapkan karena mereka sekarang sedang mentas dan nanti demografi adalah panggung mereka,” kata Bima.

Berdasarkan representasi itulah, Bima juga menginginkan agar Ridwan Kamil dapat memimpin Indonesia ke depan. “Tahun 2024, insyaallah kita doakan pak gubernur sebagai salah satu representasi dari generasi X yang insyaallah akan memimpin bangsa Indonesia kedepan yang saat ini kita doakan juga pak gubernur sukses mengemban amanah hingga di ujung nanti,” kata Bima.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan