Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penelitian Terbaru! Pria Lebih Mendominasi Investasi Kripto Dibanding Wanita? Berikut Penjelasannya

Penelitian Terbaru! Pria Lebih Mendominasi Investasi Kripto Dibanding Wanita? Berikut Penjelasannya Kredit Foto: Unsplash/Thought Catalog
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penelitian akademis terbaru mengungkapkan sebuah hasil studi soal gender yang dikaitkan dengan faktor psikologis dan demografis dalam hal investasi kripto.

Sebuah studi itu telah menjelaskan perbedaan antara pria dan wanita dalam berbagai aspek perdagangan dan investasi kripto. Mereka mengungkapkan bahwa 60% wanita memiliki pengetahuan yang sangat terbatas atau tidak ada tentang aset kripto, elemen penting yang mempengaruhi investasi, sementara dua pertiga pria memiliki tingkat pemahaman kripto yang menengah dan tinggi.

Baca Juga: 5 Tokoh Dibalik Popularitas Cryptocurrency di Indonesia

Studi itu mengemukakan pengetahuan keseluruhan yang lebih baik mengarah pada pengambilan risiko yang lebih banyak, karena pria mengikuti investasi mereka lebih sering, daripada wanita dan lebih memilih menghindari lebih banyak risiko.

Pendorong utama di balik kecenderungan wanita untuk mencoba alat investasi yang berbeda adalah pendapatan yang lebih rendah dan tingkat pengetahuan yang lebih rendah tentang kripto.

Studi yang diterima oleh Journal of Business, Economics and Finance pada 24 Desember, berpendapat bahwa gender adalah faktor yang mempengaruhi keputusan investasi keuangan individu.

Para peneliti Cagla Gul Senkardes dan Ozan Akadur telah membahas data yang diperoleh melalui survei dengan bantuan komputer yang dilakukan di Turki untuk mengungkapkan perbedaan perilaku dan psikologis terkait gender dalam kripto.

Senkardes telah bekerja sebagai peneliti akademis interdisipliner dengan fokus pada teknologi dan gender. Menjadi peserta aktif dalam ekosistem kripto selama lebih dari lima tahun, ia telah mempelajari pengecualian wanita dari industri kripto dengan pengamatan pribadi dan data spesifik yang dikumpulkan untuk penelitian ini. 

"Budaya yang didominasi laki-laki yang dibangun dalam industri kripto menjadi terlihat baik dalam faktor demografis dan psikologis yang mempengaruhi keputusan investasi keuangan."

Senkardes juga berbagi pengamatan pribadinya bahwa wanita memiliki tingkat pengetahuan yang lebih rendah tentang kripto, yang di antara penyebab lainnya menyebabkan penurunan rasio investasi.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan