Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Percepat Lelang Proyek, Basuki Genjot Serapan Anggaran di Awal Tahun

Percepat Lelang Proyek, Basuki Genjot Serapan Anggaran di Awal Tahun Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melaksanakan penandatanganan kontrak paket lelang dini tahun anggaran 2022. Hal ini sebagai upaya mendukung percepatan pembangunan infrastruktur.

Pelaksanaan lelang dini sudah dimulai sejak Oktober 2021 dengan nilai pagu pengadaan sebesar Rp35,1 triliun. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan pihaknya telah menyelesaikan 838 paket lelang senilai Rp17,5 triliun.

Perinciannnya, sebanyak 43 paket pekerjaan dengan nilai Rp220 miliar telah terkontrak pada akhir bulan Desember 2020, dan 795 paket pekerjaan dengan nilai Rp17,36 triliun.

“Semua telah selesai proses tender dan siap dilakukan penandatanganan,” Kata Basuki di Jakarta, kemarin.

Basuki menambahkan rencana penyelesaian terhadap sisa paket lelang proyek tahun 2022 sedang berjalan. Nantinya akan ada 671 paket senilai Rp10,68 triliun pada akhir Januari 2022 dan sebanyak 583 paket senilai Rp6,91 triliun pada akhir Februari 2022. 

“Diperkirakan dengan jumlah paket tersebut penyerapan anggaran hingga akhir Januari 2022 akan mencapai Rp7,34 triliun atau sebesar 7,30%.” Ujar Basuki.

Sementara itu dalam mengoptimalkan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan realisasi belanja, PUPR memanfaatkan teknologi informasi melalui sistem e-Monitoring, serta pemanfaatan e-katalog sektoral Kementerian PUPR. Selain itu, pihaknya juga akan tetap mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri dan UMKM. 

Sebagai gambaran tahun ini, Kementrian PUPR mengelola pagu anggaran sebesar Rp100,6 triliun

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan