Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Perlu Khawatir dengan The Fed, Ekonom Bilang Kini Situasi Indonesia Sudah Berbeda

Tak Perlu Khawatir dengan The Fed, Ekonom Bilang Kini Situasi Indonesia Sudah Berbeda Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepala Ekonom Bahana TWC Investment Management Budi Hikmat mengatakan dirinya tidak khawatir dengan peluang kenaikan suku bunga atau federal fund rate (FFR) oleh The Fed. Menurutnya, Indonesia kini berada di situasi yang berbeda dibandingkan dengan tappering off yang terjadi pada 2013 lalu.

"Dulu mah kita terlalu banyak dosanya, karena current account deficit (CAD) kita di atas 3% dan ekonomi terlalu dipacu dengan kredit yang sampai 22%," ujarnya dalam Webinar Investment Outlook 2022: Arah Investasi & Optimisme Pasca Putusan MK Terkait Omnibus Law yang digelar oleh Warta Ekonomi, Jumat (21/1/2022).

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Diprediksi akan Tetap Tangguh Meskipun Suku Bunga The Fed Naik 4 Kali

Di sisi lain, ia menilai The Fed memang perlu mengetatkan kebijakannya guna menghindari krisis di Amerika. Sementara, kinerja pemerintah Indonesia saat ini terbilang berjalan dengan benar.

Terlebih, Indonesia memiliki komoditas yang unggul pada dua tahun terakhir dengan performa yang bahkan lebih baik dibanding harga minyak yang diimpor.

"Kuncinya di currency risk, dan berkah lain dari komoditas-komoditas ini," kata Budi.

Selain itu, kondisi fiskal pemerintah saat ini juga jauh lebih baik dibanding 2013 lalu. Bahkan, kini pemerintah sudah menghentikan penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) sejak Desember lalu.

"Jadi, kekhawatiran tappering off kali ini dengan 2013 itu sangat berbeda. Jadi, saya tidak terlalu khawatir dengan The Fed," tandasnya.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan