Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Erick Thohir Kagum Pemandu Wisata Cilik Jelaskan Sejarah Hanacaraka Pakai Bahasa Inggris

Erick Thohir Kagum Pemandu Wisata Cilik Jelaskan Sejarah Hanacaraka Pakai Bahasa Inggris Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku kagum ketika menyaksikan inovasi yang dilakukan sebuah destinasi wisata di Surabaya, Jawa Timur.

Kekaguman itu setelah Irene, seorang gadis kecil berusia sepuluh tahun yang begitu fasih menjadi pemandu wisata (tour guide) dan menjelaskan kepada wisatawan menggunakan bahasa Inggris.

"Irene, 10 tahun, dengan lancar menjelaskan legenda Hanacaraka dalam bahasa Inggris kepada kami. Excellent!," ujar Erick dalam akun Instagram @erickthohir.

Erick menuturkan kehadiran tour guide cilik di Kampung Wisata Lawas Maspati merupakan ide cerdas dalam melibatkan anak-anak agar sejak kecil sudah mencintai budaya dan kampungnya. 

Lebih lanjut, dia mengatakan destinasi wisata berbasis masyarakat ini menyajikan sejarah Surabaya zaman kolonial seperti sekolah Ongko Loro bekas sekolah rakyat.

Di sisi lain, Erick menilai kampung Lawas Maspati bisa menjadi percontohan mengemas budaya dan sejarah sekaligus memberdayakan UMKM. 

"Saya sangat senang sekali bisa melihat kampung ini menjadi percontohan kehidupan yang seutuhnya bagi Indonesia," kata Erick.

Erick menambahkan Indonesia memang tengah dalam masa transisi di era modern. Namun Erick menilai kemajuan tersebut tak lantas melupakan nilai-nilai budaya.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan