Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Teka-Teki Siapa Pemimpin Ibu Kota Baru, PAN Berharap Jokowi Tidak Pilih...

Teka-Teki Siapa Pemimpin Ibu Kota Baru, PAN Berharap Jokowi Tidak Pilih... Kredit Foto: Instagram/I Nyoman Nuarta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penunjukan sosok yang akan jadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara masih terus ramai. Presiden Joko Widodo yang memiliki wewengan untuk memilih pemimpin Ibu Kota Baru itu diminta jangan memilih dari kalangan partai politik.

"Saya minta orang yang dipilih dan ditunjuk oleh Presiden haruslah orang yang profesional, yang punya integritas, kapabilitas dan tidak terafiliasi kepada salah satu partai politik manapun,” kata anggota Pansus RUU IKN, Guspardi Gaus, Jumat, 21 Januari 2022.

Baca Juga: Ahok Digadang-Gadang Pimpin IKN, Fadli Zon Langsung Kasih Kritik, Disuruh Cari yang...

Anggota Komisi II DPR ini menjelaskan, alasan kepala otorita bukan dari kalangan partai politik. Sebab jabatan tersebut ditunjuk langsung oleh Presiden RI, dan bukan dipilih oleh rakyat lewat pilkada. 

"Sehingga jabatan tersebut langsung bertanggung jawab kepada kepala negara. Jadi kepala otorita ini penunjukan. Kalau dia orang yang dipilih oleh rakyat ya silakan saja bertarung karena merupakan kehendak dan keinginan masyarakat," kata anggota dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Gurpardi juga berharap agar kepala otorita yang dipilih oleh Presiden Jokowi bukanlah orang-orang yang pernah bermasalah di masa lalunya dengan kasus hukum.  Selain itu, menurut dia, agar tidak menimbulkan kegaduhan, Jokowi harus memilih kepala otorita yang tidak bermasalah dengan hukum. Ia juga meminta kepala negara memilih sosok yang memiliki integritas dan moral yang baik. 

“Bagaimana pun kita ingin pembangunan yang adem ayem, sebab bagaimanapun RUU IKN ini masih ada pro dan kontra, jadi jangan ada lagi kebijakan pemerintah yang menimbulkan pro dan kontra,” imbuhnya.

Baca Juga: Digadang-Gadang Pimpin Ibu Kota Baru, Ahok Langsung Bilang Tidak...

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan