Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kerja Sama Mercy Corps dan DANA, Dukung Pemberdayaan UMKM Perempuan

Kerja Sama Mercy Corps dan DANA, Dukung Pemberdayaan UMKM Perempuan Kredit Foto: Mercy Corps Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kebangkitan UMKM Jawa Timur di masa pandemi masih membutuhkan dukungan dan perhatian khusus dari berbagai pihak. Kondisi tersebut tercermin pada tingkat pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada Triwulan III tahun 2020 yang hanya mencapai 3,75%, jauh di bawah rata-rata tingkat pertumbuhan ekonomi pada periode 2019 yang berada di angka 5%.

Melihat potensi UMKM yang begitu besar dalam memajukan Jawa Timur, diperlukan penguatan literasi digital lewat sinergi berbagai industri agar UMKM mampu berkembang dan beradaptasi di masa pandemi.

Baca Juga: Tokopedia Genjot Transaksi UMKM Jabar Lebih dari Dua Kali Lipat Selama 2021

Dengan dukungan VISA Foundation, Mercy Corps Indonesia (MCI) melalui program CAMELIA (COVID-19 Recovery for Women-led Small Businesses in Greater Malang) yang difokuskan pada program pemberdayaan bagi pengusaha perempuan yang terkena dampak Covid-19, menggandeng DANA untuk mengoptimalkan kebutuhan UMKM terhadap pemanfaatan layanan keuangan digital.

Executive Director Mercy Corps Indonesia, Ade Soekadis, mengatakan bahwa pengalaman Mercy Corps Indonesia dalam melaksanakan berbagai program kewirausahaan menunjukkan bahwa adanya wadah pelatihan dan pendampingan sangat dibutuhkan oleh UMKM agar mampu berkembang dalam kondisi saat ini.

"Oleh sebab itu, Mercy Corps Indonesia mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi dari efek pandemi Covid-19 dengan menghadirkan program CAMELIA sebagai sarana edukasi, peningkatan keterampilan dan berjejaring," katanya, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

"Harapannya, program–program yang sudah kami lakukan betul–betul dapat memberikan kemudahan dan pemberdayaan bagi pelaku usaha agar dapat beradaptasi dan terus mengembangkan usahanya," tambah Ade.

Program CAMELIA difokuskan pada pemberdayaan pengusaha perempuan yang sejalan dengan komitmen DANA yang terus mendukung penuh perempuan Indonesia dalam memperoleh akses ekonomi digital yang inklusif, termasuk pada sektor UMKM.

Chief People & Corporate Strategy Officer DANA, Agustina Samara mengatakan jika peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia khususnya perempuan melalui pemanfaatan dompet digital terus dilakukan DANA. Salah satunya adalah dengan menciptakan produk digital yang inklusif untuk semua gender, menjangkau pelaku usaha perempuan sebagai roda penggerak ekonomi, dan melakukan edukasi literasi keuangan digital yang berkelanjutan.

"Selama masa pandemi, kami sadar bahwa digitalisasi makin dibutuhkan untuk menopang keberlangsungan UMKM. Antusiasme kerja sama ini tidak hanya dirasakan DANA sebagai perusahaan, tetapi juga karyawan DANA yang tergabung dalam program sukarela karyawan, DANA Untuk Negeri, yang akan terjun langsung untuk memberikan pelatihan dan mentransfer ilmu yang dimiliki agar UMKM Jawa Timur makin mandiri dan berdaya," ujar Agustina.

Rangkaian program edukatif dan informatif juga telah DANA siapkan untuk para peserta program CAMELIA. Agustina menjelaskan, di antaranya ada sosialisasi dan pelatihan mengenai dompet digital DANA, khususnya yang berkaitan dengan jenis-jenis fitur yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan usaha serta mempermudah pencatatan transaksi digital.

Salah satunya adalah fitur DANA Bisnis yang ditujukan khusus untuk pemilik usaha yang memiliki bisnis online maupun offline dan kini telah menjangkau lebih dari 400,000 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Program CAMELIA yang dilaksanakan Mercy Corps Indonesia sejak April 2021 hingga bulan Februari 2022 mendatang ditargetkan akan menjangkau 300 perempuan pengusaha mikro dan kecil di Malang Raya.

Program ini diwujudkan dengan rangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan usaha, akses ke layanan Lembaga Keuangan Formal dengan produk tabungan usaha dan pinjaman modal serta peningkatan literasi keuangan dan literasi digital yang diperlukan untuk memperkuat bisnis mereka, meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, dan membangun masa depan usaha yang lebih tangguh.

"Kerja sama antara Mercy Corps Indonesia dan DANA diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas berbasis gender dan literasi keuangan digital para peserta serta kelak menggerakkan kembali roda perekonomian Jawa Timur di tengah kondisi pandemi Covid-19 sehingga dapat berkontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," tutup keduanya.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan