Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Angkatan Laut Kerajaan Inggris Lawan Rencana Pemerintah, Kabar Baik buat Pengungsi

Angkatan Laut Kerajaan Inggris Lawan Rencana Pemerintah, Kabar Baik buat Pengungsi Kredit Foto: Sindonews
Warta Ekonomi, London -

Angkatan Laut Kerajaan Inggris menolak rencana Menteri Dalam Negeri Priti Patel yang akan menggunakan kapal militer untuk menghalau kapal-kapal kecil pengungsi di Selat Inggris.

Angkatan laut negara itu diminta oleh pemerintah untuk mencegah para pengungsi itu masuk ke Inggris dari Prancis.

Baca Juga: Mesin Perang dan Pasukan Tempur Amerika dan Inggris Bergerak, Rusia Spontan Lakukan Ini

Sumber-sumber militer mengatakan angkatan laut akan fokus mengawal para migran ke pantai untuk diproses di pusat, bukan memaksa mereka kembali ke Prancis.

Kepala Staf Pertahanan Laksamana Sir Tony Radakin mengatakan, rencana itu memastikan  bahwa tidak ada pengungsi yang sampai ke Inggris dengan cara mereka sendiri.

Tahun lalu merupakan rekor kedatangan melalui Channel - sebutan untuk selat Inggris. Sebanyak 28.381 orang melakukan penyeberangan berbahaya.

Para menteri memperkirakan lebih banyak yang akan tiba pada tahun 2022, dan hampir 500 orang telah menyeberang sejauh ini pada bulan Januari.

Patel bersikeras pada hari Senin (17/1/2022) bahwa pemerintah masih mengejar kebijakan penghalauan. 

"Berbagai sarana sedang diuji, teknologi sedang digunakan, tetapi menghalau perahu juga telah diuji dengan baik,” kata dia.

Namun, sebuah sumber militer mengatakan kepada The Times bahwa kebijakan tersebut tidak akan dilanjutkan. 

“Ini bukan tentang menabrak perahu kecil dan membalikkannya — itu tidak akan pernah berhasil. Anda tidak bisa melakukannya di Channel, itu terlalu sempit,” kata sumber tersebut.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan