Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Erick Thohir Optimis Indonesia Akan Jadi Sentra Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Erick Thohir Optimis Indonesia Akan Jadi Sentra Pertumbuhan Ekonomi Dunia Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimis Indonesia akan menjadi sentra pertumbuhan ekonomi dunia yang baru.

Optimisme tersebut tidak terlepas dari potensi yang di miliki Indonesia baik itu sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA) yang melimpah.

Baca Juga: Bentuk Subholding dan Holding PLN, Erick Thohir Targetkan Rampung Tahun Ini

“Indonesia adalah potensi sentra pertumbuhan ekonomi dunia yang baru. Nah karena itu kita benar-benar concern benar-benar mendorong, apa market kita jangan lagi hanya dijadikan pertumbuhan ekonomi bangsa lain,” ujar Erick dalam sambutanya di Acara launching program Talenta Wirausaha Bank Syariah Indonesia, Rabu (19/1/2022).

Erick berharap perkembangan pasar tanah iar bisa menjadi faktor pendorong tumbuhnya ekonomi Indonesia. 

Untuk itu ia meminta SDA yang ada di dalam negeri harus secara maksimal dimanfaatkan untuk pertumbuhan Indonesia. Pasalnya ia tidak ingin Indonesia menjadi seperti Brazil yang tak lagi menjadi sentra pertumbuhan ekonomi.

“30 puluh tahun lalu (Brazil) tidak melakukan investasi kepada anak mudanya, tidak melakukan investasi ke research dan inovasi, tidak investasi modernisasi manufakturnya. Akhirnya sekarang Brazil bukan jadi sentra pertumbuhan dunia,” katanya.

Erick melanjutkan, guna mendorong potensi yang ada di dalam negeri. Kementrian BUMN bersama dengan Kementerian dan lembaga lainnya membangun sejumlah infrastruktur dan wadah untuk dimanfaatkan oleh generasi muda, seperti Sarinah dan destinasi pariwisata lainnya di Indonesia.

Namun, meski begitu, ia juga memerlukan peran dari generasi muda yang mampu menghidupkan infrastruktur yang dibangunnya tadi.

“ini infrastrukturnya, hardware-nya, software-nya mesti diisi, dan kalau bicara industri kreatif ya anak muda jagonya, saya dan pak Teten (Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah) yang buka jalannya, tapi isinya itu kalian (anak muda),” ungkapnya.

 

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan