Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga CPO Terus Meningkat, Sampai Kapan?

Harga CPO Terus Meningkat, Sampai Kapan? Kredit Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas
Warta Ekonomi, Medan -

Gabungan Perusahaan Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memperkirakan harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) masih akan meningkat hingga Maret 2022. Faktor utama yang menyebabkan terjadinya kenaikan harga ini yakni tingginya permintaan CPO di pasar global.

"Harga CPO tanggal 18 Januari misalnya sudah Rp14.805 per kg dan tercatat sebagai harga paling tinggi hingga pertengahan Januari 2022," ujar Sekretaris Eksekutif Gapki Sumatera Utara Darma Sucipto di Medan, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Kontribusi Sawit Signifikan di Tengah Kinerja Ekspor 2021 yang Melonjak

Lebih lanjut disampaikan Darma, harga rata-rata CPO pada 2021 tercatat sebesar Rp11.753 per kg dengan harga paling tinggi terjadi pada 3 November mencapai Rp14.893 per kg. Menurutnya, kenaikan harga CPO ini didorong permintaan yang terus meningkat baik dari dalam dan luar negeri.

Permintaan dalam negeri, imbuh Darma, meningkat akibat adanya program biodiesel B30 yang terus berkembang. Sementara permintaan yang meningkat dari luar negeri juga didorong berkembangnya industri hilir di berbagai negara.

"Harga CPO makin menguat, dampak faktor adanya kekhawatiran pasokan CPO dari negara produsen khususnya Indonesia yang makin terbatas. Akibat khawatir itu, importir membeli lebih banyak CPO sehingga mendorong kenaikan harga," tutur Darma.

Permintaan dari pasar luar negeri diperkirakan makin meningkat dengan adanya rencana India yang menurunkan bea masuk CPO dan adanya rencana Indonesia menerapkan B40. Lebih lanjut disampaikan Darma, kenaikan harga CPO yang terjadi sejak tahun 2020 hingga awal 2022 menjadi sejarah perdagangan komoditas kelapa sawit. Biasanya, kata Darma, lonjakan harga berlangsung paling lama 3-6 bulan.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan