Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rudal Anti-balistik Israel Siap Beraksi, Iran Bisa Babak Belur

Rudal Anti-balistik Israel Siap Beraksi, Iran Bisa Babak Belur Kredit Foto: Sputnik/Russian Ministry of Defense
Warta Ekonomi, Yerusalem -

Israel berhasil melakukan uji coba sistem rudal anti-balistik Arrow 3 pada Selasa (18/1/2022) pagi di luar atmosfer bumi.

Uji coba ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan negara Yahudi itu dengan Iran yang tengah menegosiasikan program nuklirnya dengan blok barat. 

Baca Juga: Warga Iran Dibuat Kaget dengan Ledakan Keras yang Guncang Kaca Jendela Rumah

Kementerian pertahanan Israel mengatakan bahwa pengetesan tersebut untuk menguji sejumlah kemampuan “terobosan” untuk sistem pertahanan rudal, yang dapat segera digunakan oleh Angkatan Udara Israel.

Kepala Organisasi Pertahanan Rudal Kementerian Pertahanan Moshe Patel mengatakan bahwa pihaknya telah membuat terobosan di setiap bagian sistem, dalam susunan deteksi, dalam peluncuran, bahkan di pencegat itu sendiri.

“Ada terobosan teknologi yang sangat signifikan di sini yang dinilai dan dapat segera digunakan oleh angkatan udara dalam sistem operasionalnya,” kata Patel.

Boaz Levy, presiden dan CEO Israel Aerospace Industries yang memproduksi Arrow 3, mengatakan terobosan itu terutama di bidang “algoritma,” cara sistem mendeteksi ancaman yang masuk dan menghitung lintasan peluncuran untuk pencegat.

"Saya tidak akan menjelaskan lebih lanjut, tetapi ini memberi sistem lebih banyak kemampuan dalam menghadapi ancaman," kata Levy kepada wartawan.

Uji tembak langsung diadakan di Israel tengah pada dini hari Selasa pagi, dengan dua pencegat Arrow 3 ditembakkan ke target yang sama.

Kementerian pertahanan dalam pernyataannya mengatakan bahwa Array radar operasional dari sistem Arrow mendeteksi target dan mengirim data ke sistem manajemen kebakaran, yang menganalisis data dan sepenuhnya merencanakan intersepsi.

“Setelah rencana selesai, dua pencegat Arrow 3 ditembakkan ke sasaran, dan mereka menyelesaikan misi mereka dengan sukses,” bunyi pernyataan itu.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan