Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengenal Aplikasi Stok Barang: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi Terbaiknya

Mengenal Aplikasi Stok Barang: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi Terbaiknya Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Aplikasi stok barang sepertinya sudah menjadi aplikasi yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat, khususnya para pebisnis. Aplikasi ini hadir untuk membantu para penggiat bisnis untuk bisa mengontrol stok barang dagangan supaya lebih mudah dan efisien.

Apa Itu aplikasi stok Barang?

Mungkin bagi beberapa orang yang masih awam dengan aplikasi stok barang ini tentu akan bertanya-tanya terkait informasi lengkapnya. Aplikasi stok barang merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk mempermudah pengelolaan stok barang di gudang penyimpanan.

Baca Juga: Fiturnya Keren-Keren! Ini Deretan Aplikasi Video Bokeh Android Terbaik

Aplikasi ini umumnya digunakan pada perusahaan maupun bisnis UKM untuk menghindari terjadinya kelebihan atau kekurangan stok barang. Dengan adanya aplikasi ini, pemilik usaha bisa mengontrol stok barang di gudang kapan dan di mana saja dengan mudah.

Manfaat dari aplikasi stok Barang

Aplikasi stok barang mampu memberikan banyak manfaat bagi perusahaan dan bisnis UKM, khususnya dalam urusan pengelolaan stok barang. Aplikasi ini mampu menghindari terjadinya kekurangan barang (out of stock), serta meningkatkan pemasaran dan pelayanan.

Kualitas pemasaran dan pelayanan bisa makin meningkat karena stok barang selalu tersedia sehingga keinginan pelanggan selalu terpenuhi. Hal tersebut tentu membuat pelanggan merasa puas dan akhirnya bisa meningkatkan pemasaran dan kepuasan pelanggan terhadap layanan Anda.

Tidak hanya bisa membantu Anda mengontrol persediaan barang di gudang, aplikasi inventaris barang juga turut memudahkan pengambilan keputusan bisnis.

Fitur-Fitur pada aplikasi stok Barang

Sebelum menggunakan aplikasi inventaris barang, Anda perlu mengetahui apa saja fitur-fitur utama yang tersedia. Fitur pertama adalah manajemen stok yang berfungsi untuk mengecek dan menginput stok barang di gudang.

Selanjutnya adalah fitur manajemen procurement yang berfungsi untuk memberikan notifikasi jumlah minimum stok barang supaya segera dipesan kembali. Fitur manajemen supplier juga biasanya tersedia pada aplikasi inventory untuk menyimpan data supplier yang bisa dihubungi.

Berikutnya, fitur laporan inventory dan warehouse manajemen yang bisa mempermudah perusahaan atau bisnis UKM dalam mengenal pergerakan stok. Fitur tersebut juga bisa membantu menyimpan barang yang nantinya didistribusikan ke lokasi customer dalam waktu tertentu.

Rekomendasi aplikasi stok Barang Terbaik

Aplikasi inventaris barang sudah cukup banyak beredar dan jenisnya pun beragam sehingga Anda perlu memilih dengan lebih teliti. Saat ini tersedia aplikasi inventory gratis/berbayar yang berbasis online/offline sehingga pilihlah sesuai kebutuhan.

Namun, jika ingin menikmati fitur aplikasi yang canggih dan lengkap, Anda disarankan untuk menggunakan aplikasi berbayar. Berikut 3 rekomendasi aplikasi inventaris barang yang dengan fitur lengkap yang cocok digunakan untuk mengelola stok barang bisnis Anda:

1. Jurnal.id

Rekomendasi pertama sebagai aplikasi stok barang ialah Jurnal.id. Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk dari aplikasi sederhana yang berbasis website. Pastinya di dalam sebuah perusahaan tertentu mempunyai persediaan barang yang cukup banyak sekali.

Sehingga, jika tidak dikelola dengan baik, perusahaan akan kesulitan untuk bisa bekerja dengan optimal. Oleh sebab itu, di dalam sebuah perusahaan sangat diperlukan keberadaan aplikasi stok barang. Perangkat lunak Jurnal.id menjadi salah satu aplikasi yang mempunyai jumlah peminat yang cukup tinggi.

Bahkan, rating dari aplikasi ini sudah sangat memuaskan. Memang perangkat lunak yang satu ini mempunyai banyak kelebihan dalam mengelola stok barang yang ada di dalam sebuah perusahaan. Beberapa fitur unggulan yang tersedia di dalam aplikasi ini, yaitu jumlah stok, perhitungan persediaan, serta harga jual rata-rata.

Selain itu, terdapat fitur notifikasi yang dapat memberitahukan apabila terdapat barang-barang kosong yang ditunjukkan secara real time. Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh perangkat lunak Jurnal.id.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan