Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kekuatan Ganjar-Puan di Pilpres 2024 Dikuliti Pengamat, Katanya Berat...

Kekuatan Ganjar-Puan di Pilpres 2024 Dikuliti Pengamat, Katanya Berat... Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Peneliti Utama Indonesia Political Opinion (IPO) Catur Nugroho menganalisis peluang dua kader PDIP, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani jika berpasangan pada Pilpres 2024.

Peluang ini sangat mungkin terjadi lantaran PDIP mendapat suara terbesar di DPR, yang mana mampu mengusung capres dan cawapres sendiri. Menurut Catur, meski kemungkinan itu ada, peluang untuk menang akan sangat tipis.

Baca Juga: Kabar Terbaru Dugaan Korupsi Gibran dan Kaesang, KPK Bilang....

"Saya pikir berat jika PDIP mengusung pasangan calon dari internal keduanya," ujar Catur kepada GenPI.co, Minggu (16/1).

Catur menjelaskan, PDIP perlu mendapat dukungan dari partai lain untuk mengusung capres atau cawapres pada Pilpres 2024.

Menurut dia, partai afiliasi Islam cukup mungkin berkoalisi dengan PDIP.

"Paling tidak, PDIP harus mampu mengakomodir suara masyarakat muslim yang menjadi penentu kemenangan pada Pilpres 2024," jelasnya.

Sementara itu, Catur menyoroti gelagat Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri yang belum menentukan calon presiden dan wakil presiden dari partainya. Kondisi itu dianggap bisa memicu perpecahan di internal PDIP lantaran pendukung Ganjar Pranowo dan Puan Maharani sudah terbentuk.

Baca Juga: Fadli Zon Nggak Ada Kapoknya! Beraksi Lagi: Saya Usul Nama Ibu Kota Baru Jadi Jokowi

Meski begitu, Megawati hingga sekarang belum menentukan sikap untuk Pilpres 2024.

"Megawati sebagai pemegang kekuasan mutlak di PDIP, apakah memberi restu kepada Ganjar atau anaknya, Puan Maharani," ucapnya. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan