Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengkonsumsi Bir Tanpa Merusak Kesehatan

Mengkonsumsi Bir Tanpa Merusak Kesehatan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ternyata minum bir itu jika tidak dikonsumsi secara berlebihan bisa bermanfaat untuk kesehatan. Jadi, sangat disarankan agar meminumnya secukupnya saja. Karena, jika diminum berlebihan justru malah bisa berakibat fatal bagi kesehatan. 

Oleh karena itu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), pastikan bahwa jika Anda minum bir ini tidak lebih dari 12 ons beer atau yang setara dengan satu gelas ukuran normal.

Apa saja sih sebenarnya manfaat bir itu bagi kesehatan? Pertama, bir itu bermanfaat untuk kesehatan otak karena memiliki kemampuan untuk mengencerkan darah, sehingga mencegah terjadinya penggumpalan.

Kedua, bir juga bisa membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer. Kandungan zat silikon dalam bir akan mencegah berbagai bentuk demensia dan gangguan kognitif, termasuk Alzheimer. Isi silikon dalam bir ini, diduga melindungi otak dari efek berbahaya dari tingginya zat aluminium dalam tubuh, yang merupakan salah satu kemungkinan penyebab Alzheimer terjadi.

Ketiga, bir itu kaya antioksidan. Bir yang mengandung antioksidan memiliki kandungan zat xanthohumol. Xanthohumol diketahui memiliki sifat anti-kanker yang membantu menangkis enzim penyebab kanker di dalam tubuh. Orang yang minum bir secukupnya bisa membantu mencegah reaksi kimia tertentu yang dapat menyebabkan kanker prostat pada pria. Bir juga telah terbukti mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara pada wanita.

Keempat, bir bahkan bisa membantu mengobati ketombe. Hal ini  karena bir memiliki kadar ragi yang tinggi dan kaya akan vitamin B. Dengan hanya membilas rambut Anda dengan bir sekitar dua sampai tiga kali seminggu, ini ampuh untuk menyingkirkan ketombe dan membuat rambut Anda lembut dan mengkilap.

Kelima, bir bisa meningkatkan kesehatan jantung. Itu karena bir ini mengandung fenol dan antioksidan yang bisa meningkatkan fungsi jantung.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan