Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: USAA, Grup Perusahaan Layanan Keuangan Terdiversifikasi dari Amerika

Kisah Perusahaan Raksasa: USAA, Grup Perusahaan Layanan Keuangan Terdiversifikasi dari Amerika Kredit Foto: ExpressNews/Kin Man Hui
Warta Ekonomi, Jakarta -

The United Services Automobile Association (USAA) adalah grup perusahaan layanan keuangan terdiversifikasi yang berbasis di San Antonio, Amerika Serikat. 

Bisnis perusahaan termasuk pertukaran antar-asuransi timbal balik. Anak perusahaan yang menawarkan perbankan, investasi, dan asuransi kepada orang dan keluarga.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Shagang Group, Pemain Industri Baja Nasional China Berukuran Superking

Fortune mencatat bahwa USAA mengumpulkan 35,61 miliar dolar AS untuk pendapatannya pada 2020 sehingga namanya tercatat dalam Global 500 miliknya. Persentase pertumbuhannya naik 13,5 persen. 

Sementara itu, keuntungan (profit) naik 74,8 persen menjadi 4 miliar dolar AS tahun itu. Dengan begitu, peringkat USAA kini ada di nomor 355.

Dikutip dari berbagai sumber, USAA didirikan pada 1922, ketika Mayor William Henry Garrison memanggil 24 rekan perwira militernya di Hotel Gunter di San Antonio, Texas. Tujuan pertemuan itu adalah untuk membahas solusi masalah asuransi mobil bagi perwira militer.

Karena sering berpindah-pindah, petugas sering mendapati bahwa polis mereka sangat mahal dan rawan dibatalkan. Selain itu, banyak perusahaan asuransi tidak dapat diandalkan dan gagal secara teratur, meninggalkan pemegang polis sebelumnya tanpa asuransi.

Dalam dua bulan, USAA telah mendaftarkan 142 anggota, dan hasil dari polis mereka berjumlah 820 dolar AS. Namun, sepuluh bulan kemudian, USAA mengalami defisit lebih dari 3.000 dolar AS, yang disebabkan oleh kegagalannya untuk secara akurat memperkirakan biaya polis asuransi.

Dalam upaya untuk mengkompensasi kekurangan dana, dewan USAA memberikan suara pada pertemuan tahunan pertamanya pada tahun 1924 untuk memperluas keanggotaan ke semua tugas aktif dan pensiunan perwira Angkatan Laut AS dan Korps Marinir. Nama perusahaan diubah untuk mencerminkan konstituen yang lebih luas ini, menjadi United Services Automobile Association.

Pertemuan tahunan 1924 juga menghasilkan pemungutan suara untuk mengadopsi standar industri untuk premi asuransi, dikurangi diskon 20 persen. Selain itu, para pemimpin perusahaan mengajukan permohonan lisensi Texas, mengumumkan dividen 8 persen, dan membentuk cadangan kerugian. Pada akhir tahun, perusahaan memiliki lebih dari 3.300 anggota dan aset melebihi 85.000 dolar AS.

Dua tahun kemudian, dalam upaya untuk mendorong pertumbuhan, dewan USAA mengalokasikan dana untuk iklan. Dengan 1.500 dolar AS, perusahaan mengirimkan brosur ke semua petugas yang memenuhi syarat dan memasang iklan di Jurnal Layanan.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan