Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina Bangun Pengolahan Residu Terbesar di Balikpapan

Pertamina Bangun Pengolahan Residu Terbesar di Balikpapan Kredit Foto: Pertamina
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melakukan pembangunan unit Residual Fluid Catlytic Cracking (RFCC) terbesar di Balikpapan guna mendorong komitmen PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) dalam mengoptimalkan performa Refinery Development Master Plan (RDMP).

Sebagaimana diketahui, RFCC merupakan sebuah unit yang berfungsi meningkatkan profitabilitas kilang Pertamina melalui pengolahan residu menjadi produk bernilai tinggi. 

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan Unit RFCC memiliki fungsi yang krusial, baik dalam meningkatkan profitabilitas kilang maupun menyokong ketahanan energi.

Baca Juga: Tingkatkan Margin Kilang, Pertamina Garap Unit RFCC Terbesar di RDMP Balikpapan

“Unit RFCC dapat meningkatkan margin kilang Pertamina di Balikpapan dengan produksi bernilai tinggi antara lain Gasoline, LPG dan Propylene. Produk Gasoline yang dihasilkan akan memenuhi spesifikasi EURO V dan memiliki nilai oktan (RON) 92," ujar Nicke dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (15/1/2022).

Nicke mengatakan, dengan beroperasinya RFCC akan berdampak terhadap peningkatan supply LPG dan Propylene seiring bertambahnya produksi LPG dan Propylene di kilang Balikpapan. 

Selain itu, keutamaan lain RFCC adalah mengurangi atau meniadakan import HOMC sebagai komponen blending Gasoline.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan