Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Richard Kinder, Taipan Energi AS yang Hanya Terima Gaji Rp14.000

Kisah Orang Terkaya: Richard Kinder, Taipan Energi AS yang Hanya Terima Gaji Rp14.000 Kredit Foto: Reuters/Richard Carson
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu orang terkaya di dunia, ialah Richard Kinder yang merupakan pendiri serta ketua eksekutif Kinder Morgan Inc. Kinder adalah seorang taipan bisnis Amerika. Perusahaannya terutama berurusan dengan energi dan pipa.

Kinder lahir pada tahun 1944 di Missouri. Dia menyelesaikan kelulusannya di dari University of Missouri.

Kinder memulai karirnya dengan SPBU Florida yang menjadi Enron Corporation sebagai hasil dari beberapa merger. Dia kemudian menjabat sebagai Presiden dan COO Enron Corporation selama enam tahun.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Paul Tudor Jones, Miliarder Investor yang Sukses Menghindar dari Krisis Besar

Lalu, ia memulai karir bisnisnya setelah mengundurkan diri dari Enron Corporation pada tahun 1996. Dia memulai perusahaan pipa dan membeli Enron Liquids Pipeline. Akhirnya Kinder Morgan pun menjadi perusahaan energi terbesar di Amerika Utara setelah serangkaian akuisisi.

Selain berbisnis, saat ini Kinder menjabat sebagai ketua dewan pengawas Museum Seni Rupa dan ketua Kinder Foundation. Kinder Foundation berfokus pada mendukung pendidikan dan mempromosikan pencegahan taman dan ruang hijau. Potensi Kinder Foundation memungkinkan Forum Kinder tentang Demokrasi Konstitusional di University of Missouri.

Kinder adalah seseorang yang disiplin. Dia terus mencatat uang yang dia hasilkan dan uang yang keluar. Dia juga membayar dirinya sendiri dengan gaji hanya USD1 (Rp14.200) per tahun. Selain itu, ia juga berfokus pada pembangunan taman dan pendidikan dan juga berdonasi untuk menyediakan suasana yang sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pada tahun 2015, Kinder dan istrinya, Nancy, mendonasikan USD2 juta kepada Super PAC yang mendukung calon presiden dari Partai Republik, Jeb Bush. Kinder mengundurkan diri sebagai CEO Kinder Morgan pada Juni 2015.

Pada Oktober 2015, Kinder menyumbangkan USD25 juta ke University of Missouri untuk mendukung studi konstitusi AS. Hari ini, Forbes memperkirakan kekayaan Kinder mencapai USD7,4 miliar (Rp105 triliun).

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan