Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Termasuk Sawit, Sektor Perkebunan di Kaltim Serap Ratusan Ribu Pekerja

Termasuk Sawit, Sektor Perkebunan di Kaltim Serap Ratusan Ribu Pekerja Kredit Foto: Antara/Rahmad
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hampir 40 persen dari total luas perkebunan sawit Indonesia berada di Provinsi Kalimantan. Salah satu sentra perkebunan kelapa sawit di Pulau Kalimantan tersebut yakni Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Prospek pengembangan perkebunan kelapa sawit di Kaltim tercatat bisa mencapai 1,3 juta hektar.

Diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim, Ujang Rachmad, Provinsi Kaltim telah memiliki Pabrik Kelapa Sawit (PKS) sebanyak 95 unit dengan total kapasitas terpasang mencapai 5.000 ton TBS per jam. 

Baca Juga: Berkat Sawit, Daerah Terbelakang Berubah Menjadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

"Alhamdulillah ini memberikan kesempatan pengembangan ekonomi bagi masyarakat yang sangat baik,” tuturnya, dilansir dari laman resmi Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim.

Ditambah lagi, imbuh Ujang, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit sedang sangat baik yakni di atas Rp3.000/kg, bahkan di tingkat petani sawit harganya bisa mencapai Rp3.300/kg. Lebih lanjut disampaikan Ujang, penetapan harga TBS sawit berdasarkan variasi umur dari 4 tahun sampai 10 tahun dan hingga saat ini sudah mencapai Rp3.070/kg.

Lanjutnya, sektor perkebunan saat ini mampu menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 340 ribu tenaga kerja yang bisa diserap melalui sektor perkebunan beragam komunitas. Ke depannya, Ujang berharap, dengan upaya untuk terus mengembangkan perkebunan dapat memperluas dan meningkatkan produktivitas sehingga turut diikuti penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan