Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mulai Digarap Awal Februari, Sirkuit Formula Ditarget Selesai Dalam Waktu Segini

Mulai Digarap Awal Februari, Sirkuit Formula Ditarget Selesai Dalam Waktu Segini Kredit Foto: Instagram/Formula E
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penyelenggara Formula E, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan pembuatan Jakarta E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, bakal dilakukan mulai Februari 2022. Balapan sendiri rencananya akan dilaksanakan Juni 2022.

Manager Director Formula E Jakarta Gunung Kartiko mengatakan pihaknya baru menutup pendaftaran perusahaan peserta tender untuk menggarap sirkuit pada Selasa (11/1/2022). Diperkirakan lelang akan berjalan selama satu bulan.

Baca Juga: Memanas! Ferdinand Nginep di Kantor Polisi, Novel Bamukmin Langsung Minta Jenderal Dudung Juga Ikut

"Proses tender itu dari start sampai nanti pengumuman tender tuh sebulan," ujar Gunung di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Setelah lelang, pengerjaan sirkuit akan langsung dimulai. Diperkirakan pembuatan lintasan untuk ajang balap mobil listrik itu memakan waktu tiga bulan.

"Jadi setelah diumumkan kita mulai jalan di Februari awal," jelasnya.

Dilihat dalam situs http://eproc.jakarta-propertindo.com/, tender sirkuit Formula E memiliki Harga Perkiraan Sendiri (HPS) senilai Rp50,15 miliar.

Gunung pun yakin dengan hanya waktu tiga bulan, pembuatan sirkuit Formula E bisa rampung dan hasilnya akan sesuai dengan standar balapan yang sudah diatur.

'Jadi semua harus ready sebelum 6 Juni," pungkasnya.

Nantinya, lintasan ajang balap mobil listrik ini memiliki total panjang 2,4 kilometer dengan lebar lintasan adalah 16 meter. Trek ini nantinya bakal mempunyai 18 tikungan, dan trek lurus sepanjang 600 meter.

Baca Juga: Capres Lain Wajib Waspada, Anies Baswedan Punya Modal Besar untuk Hadapi Pilpres 2024

Keputusan penentuan lokasi ajang balap mobil listrik ini sudah disetujui oleh Formula E Operation (FEO), dan Federasi Otomotif Internasional (FIA). Keduanya telah memeriksa langsung ke lokasi sejak bulan November lalu.

Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni mengatakan pengerjaan sirkuit akan segera dimulai dalam waktu dekat dan ditargetkan rampung pada April 2022 mendatang. Lintasan akan dibuat sesuai dengan spesifikasi dari FEO dan FIA.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan