Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Sawit Naik hingga Lebih dari 7% di Provinsi Riau

Harga Sawit Naik hingga Lebih dari 7% di Provinsi Riau Kredit Foto: ANJ
Warta Ekonomi, Jakarta -

Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau pada periode 12-18 Januari 2022 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur. Jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun yakni Rp231,74/Kg atau mencapai 7,29 persen dibandingkan harga TBS pekan lalu. Harga pembelian TBS petani untuk periode satu pekan ke depan naik menjadi Rp3.411,31/Kg. 

Kepala Dinas Perkebunan Riau, Zulfadli, mengatakan bahwa kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal naiknya harga TBS periode ini disebabkan terjadinya kenaikan harga jual CPO dan harga Kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data. Baca Juga: Industri Kelapa Sawit jadi Urutan Pertama dalam RUU Industri Strategis Pertanian

"Untuk harga jual CPO, PT Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan sebesar Rp1.010,00/Kg dari harga minggu lalu; PT Asian Agri mengalami kenaikan sebesar Rp979,00/Kg; PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan harga sebesar Rp855,60/Kg dari harga minggu lalu," ungkap Zulfadli, dilansir dari laman ppid.riau.go.id. 

Sementara itu, untuk harga jual Kernel, dari Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp235,00/Kg dari minggu lalu; PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan harga sebesar Rp198,91/Kg dari harga minggu lalu.

"Sementara dari faktor eksternal, harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) bergerak naik pada perdagangan senin pagi mendekati harga tertinggi sepanjang masa di MYR 5.071/ton. Pada Senin (10/1/2022) pukul 09:30 WIB, harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 4.993/ton. Naik 0,16 persen dari pekan sebelumnya," papar Zulfadli. 

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel:

Video Pilihan