Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kazakhstan Mulai Kewalahan Urus Pertambangan BTC, Spanyol Kini Ambil Giliran

Kazakhstan Mulai Kewalahan Urus Pertambangan BTC, Spanyol Kini Ambil Giliran Kredit Foto: Unsplash/Aleksi Raisa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil untuk partai politik Ciudadanos Spanyol, María Muñoz telah mengusulkan Rancangan Undang Undang (RUU) untuk menjadikan Spanyol tempat penambangan Bitcoin setelah penutupan internet yang menyebabkan pemadaman penambangan di Kazakhstan.

Pengacara dan ekonom Muñoz teguh dalam dukungannya terhadap Spanyol sebagai tujuan Bitcoin (BTC), dalam sebuah tweet pada hari Jumat (07/01) menyatakan, "Protes di Kazakhstan memiliki dampak di seluruh dunia tetapi juga untuk Bitcoin. Kami mengusulkan agar Spanyol memposisikan dirinya sebagai tujuan yang aman untuk investasi dalam cryptocurrency untuk mengembangkan sektor yang fleksibel, efisien dan aman."

Baca Juga: Nilai Emas Mengecewakan, Profesor Ini Katakan Bitcoin Adalah Pengganti Emas

Sebuah surat terbuka dua halaman menyertai tweet yang diarahkan pada Kongres Deputi Spanyol. Pertama, Muñoz menyoroti pentingnya protes dan tanggapan pemerintah, yang menggunakan semua kekuatan polisi dan tentara, sebelum pemerintah mematikan internet ke ekonomi Asia Tengah terbesar.

Dia mengutip studi Cambridge Centre for Alternative Finance yang menempatkan Kazakhstan sebagai penambang Bitcoin terbesar kedua di seluruh dunia, berkontribusi sekitar 20% dari tingkat hash pada paruh kedua tahun 2021. Keputusan pemerintah untuk secara efektif menarik karpet keluar dari bawah penambang Bitcoin Kazakhstan menyebabkan tingkat hash anjlok 13,4%.

Peristiwa ini mengilhami pertanyaan terkait untuk anggota parlemen pro-Bitcoin:

  • Informasi apa yang dimiliki pemerintah Spanyol tentang dampak pemadaman internet Kazakhstan pada industri penambangan kripto Spanyol?
  • Akankah pemerintah mengambil langkah-langkah untuk menarik investor dan penambang yang melarikan diri dari industri pertambangan Kazakhstan?
  • Data apa yang dimiliki pemerintah mengenai efisiensi energi Bitcoin dan pertumbuhan industri pertambangan?

Seorang pendukung yang terbukti untuk jaringan Bitcoin, partai Ciudadanos, atau Warga Negara, mengusulkan strategi nasional tentang cryptocurrency pada oktober tahun lalu. Partainya berusaha memposisikan Spanyol sebagai tiang untuk investasi ke cryptocurrency dari Uni Eropa dan dunia – dan penambangan Bitcoin bisa menjadi katalisator.

Karena fluktuasi tingkat hash Bitcoin telah menunjukkan berkali-kali, infrastruktur penambangan tidak dibatasi secara geografis. Larangan penambangan China,misalnya, adalah untuk kepentingan Kazakhstan dan Kosovo.

Alan Konevsky, chief legal officer di PrimeBlock, menjelaskan perubahan pertambangan tahun lalu. Melansir dari Cointelegraph, Senin (11/01) ia mengatakan: "Perusahaan pertambangan termasuk yang pindah setelah perubahan peraturan China, yang didirikan di negara-negara seperti Kazakhstan dan Kosovo karena biaya listrik jauh lebih murah daripada di Amerika Utara."

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan