Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Vincent Bollore, 'Perampok' Perusahaan yang Hari Ini Kantongi Rp128 Triliun

Kisah Orang Terkaya: Vincent Bollore, 'Perampok' Perusahaan yang Hari Ini Kantongi Rp128 Triliun Kredit Foto: Twitter/Africa Facts Zone
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu orang terkaya di dunia ialah Vincent Bollore. Bollore lahir pada 1 April 1952 yang saat ini bekerja sebagai Chief Executive Officer dan Ketua di Bollore, sebuah grup investasi.

Bollore dikenal sebagai 'perampok' perusahaan karena hobinya yang mengakuisisi perusahaan dan membuat perusahaan itu lebih sukses lagi. Bollore banyak mengambil alih kelompok bisnis milik keluarga yang bergerak dalam bisnis produksi kertas, perdagangan Afrika dan angkutan laut.

Dia mengumpulkan kekayaan melalui saham besar di perusahaan termasuk Bouygues (perusahaan konstruksi) yang terdaftar di Prancis.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Alexandre Behring, Pengusaha Asal Brasil, Bos dari Raksasa Keju Kraft Heinz

Pada akhir 2004, grup investasinya mulai membangun saham di grup periklanan Havas, menjadi pemegang saham tunggal terbesarnya. Dia melakukan kudeta dan menggantikan Alain de Pouzilhac sebagai CEO pada Juli 2005. Pada 2005, melalui perusahaan keluarganya, dia memperluas minat medianya dengan meluncurkan stasiun televisi Direct 8.

Kemudian, ia mengakuisisi 29% saham di Aegis, konglomerat perencanaan & pembelian media yang berbasis di Inggris. Lalu, Bollore meluncurkan surat kabar gratis, Direct Soir pada pertengahan 2006. Dia mengakuisisi saham di Pininfarina, produsen mobil yang berbasis di Italia. Ia juga menjadi direktur di Financiere Moncey SA pada tahun 2011.

Bollore memperoleh gelar bisnis dari Universite Paris X Nanterre. Forbes memperkirakan, kekayaan Bollore hari ini mencapai USD9 miliar (Rp128 triliun).

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan