Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Selamat, Pertamina Sukses Lakukan Seismic Survey 2D Terpanjang Se-Asia Pasifik

Selamat, Pertamina Sukses Lakukan Seismic Survey 2D Terpanjang Se-Asia Pasifik Kredit Foto: Pertamina
Warta Ekonomi, Balikpapan -

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam kunjungannya ke Balikpapan, Kalimantan Timur pada Sabtu (8/1/2022), mengatakan Pertamina sudah berhasil melakukan seismic survey 2D terpanjang selama 15 tahun terakhir di Asia Pasifik.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kita semua bahwa kita telah berhasil melaksanakan seismic survey 2D terpanjang di Asia Pasifik selama 15 tahun terakhir menggunakan kapal Elsa Regent, itu kapal milik Elnusa, dengan panjang lebih dari 31.000 km di lebih dari 30 cekungan dari Sabang sampai Merauke. Ini dilakukan di Jambi Merang. Hasilnya sudah keluar tahun lalu," kata Nicke.

Baca Juga: Pertamina Yakin Teknologi Bakal Bikin Neraca Perdagangan Migas Surplus

"Dari keberhasilan ini ditemukan potensi hydrocarbon di lima lokasi hampir semua itu di Indonesia Timur dan laut dalam. Potensinya mostly gas," tambahnya.

Pelaksanaan proses seismic survey 2D ini merupakan Komitmen Kerja Pasti (KKP) Pertamina Hulu Energi (PHE) Wilayah Jambi Merang di mana keberhasilan proses ini juga melebihi target 30.000 km atau sebesar 103,8%.

Yang lebih mengembirakannya lagi, proses ini juga berhasil dilakukan tanpa terjadi kecelakaan kerja atau zero incident.

Sebagai informasi tambahan, seismic survey 2D yang merupakan bagian dari Komitmen Kerja Pasti (KKP) Jambi Merang sampai 2024 dengan nilai investasi sebesar US$239,3 juta. Khusus bagi kegiatan eksplorasi, dalam KKP telah dialokasikan US$196,5 juta untuk meningkatkan penemuan cadangan migas nasional.

Penulis: Putu Rusta Adijaya

Laporan: Muhamad Ihsan

Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel:

Video Pilihan