Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bila Calon Presiden Semuanya Berasal dari Pimpinan Partai Politik, Prabowo Subianto Unggul Jauh

Bila Calon Presiden Semuanya Berasal dari Pimpinan Partai Politik, Prabowo Subianto Unggul Jauh Kredit Foto: Instagram Prabowo Subianto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam pemilihan umum, yang bisa mencalonkan hanya partai politik. Kalau calon presiden semua berasal dari petinggi partai, Prabowo Subianto unggul jauh di atas petinggi-petinggi partai lainnya.

Demikian temuan survei opini publik Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk "Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional" yang dirilis secara online pada Selasa, 28 Desember 2021 di Jakarta.

Baca Juga: Jadi Ini Asal-Usul Airlangga Hartarto Diusung Partai Golkar untuk Capres 2024, Ternyata...

Hasil survei yang dipresentasikan Sirojudin Abbas, Direktur Eksekutif SMRC, ini menunjukkan bahwa dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 11 nama pimpinan atau tokoh partai, Prabowo mendapat dukungan tertinggi sebanyak 38,2 persen.

Di urutan kedua adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan perolehan 10 persen suara. Urutan selanjutnya ditempati Megawati Soekarno-Putri dengan 7,5 persen suara. Sementara, nama-nama lain di bawah 6 persen. Masih ada 27,3 persen yang belum tahu atau tidak menjawab.

"Bila pemilihan presiden diadakan sekarang dan yang maju adalah para pimpinan atau tokoh partai politik, yang paling berpeluang memenangkan pertarungan adalah Prabowo Subianto," papar Abbas.

Survei SMRC ini dilakukan pada 8-16 Desember 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Jumlah sampel awal 2.420 yang dipilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 2062 atau 85%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ±2,2% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan