Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wagub Bali Optimistis Pariwisata Bali Siap Bangkit: Tapi Masih Ada Sejumlah Kendala

Wagub Bali Optimistis Pariwisata Bali Siap Bangkit: Tapi Masih Ada Sejumlah Kendala Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, atau akrab disapa Cok Ace, optimistis Bali telah siap menghadapi kebangkitan pariwisata pada 2022 mendatang.

"Kami sangat optimis, baik selaku pelaku usaha ataupun pemerintah dan masyarakat, bahwa pariwisata akan bangkit," kata Cok Ace dalam dialog virtual, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Baliho Puan Maharani Mejeng di Kawasan Terdampak Erupsi, Rocky Gerung: Nggak Ada Ide dan Konsep!

Optimisme ini didukung oleh situasi pandemi Covid-19 di Bali yang kian membaik. Masyarakat Bali tergolong taat protokol kesehatan dengan angka sekitar 95%. Angka Covid-19 di Pulau Dewata tersebut juga terbilang rendah. Cok Ace menjelaskan angka kematian relatif berada di kisaran 0 hingga 1 orang tiap harinya, angka positif sekitar 5 orang, dan angka kesembuhan mencapai 13 orang.

"Jadi, ini angka-angka yang sangat bagus sekali," imbuhnya.

Terlebih, minat pasar terhadap pariwisata Bali masih tinggi, baik pasar domestik maupun mancanegara.

Kendati demikian, Cok Ace mengungkapkan masih terdapat sejumlah kendala yang mungkin akan menghambat kebangkitan pariwisata Bali, salah satunya adalah durasi karantina.

"Pada waktu kita 5 hari karantina sementara kompetitor 7 hari, agen-agen bilang Bali hebat bisa karantina 5 hari. Tapi ketika kompetitor kita 0 karantina, kita kelabakan di sini. Habis kita, market kita langsung beralih," ungkapnya.

Selain itu, pembatasan penerbangan langsung ke Bali juga dipandang sebagai hambatan lainnya. Hal ini disertai juga permasalahan visa yang rumit dan perlu menggunakan sponsor.

"Saya kira ini adalah kendala-kendala yang mengganggu optimisme kita," tandasnya.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan