Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sempat Tertunda, Kedubes Rusia Kini Bersiap Sambut Vladimir Putin di Indonesia

Sempat Tertunda, Kedubes Rusia Kini Bersiap Sambut Vladimir Putin di Indonesia Kredit Foto: New York Times/Sergei Savostyanov
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kabar Presiden Rusia Vladimir Putin bakal menyambang Indonesia sudah tersiar sejak tiga tahun terakhir. Sayangnya, di saat tim Kedubes Rusia di Jakarta sudah siap menyambut pimmpinan tertinggi mereka, pandemi Covid-19 malah muncul.

Meski harus ditunda, tim Kedutaan Besar Rusia di Jakarta tetap bersiap dan menunggu kedatangan Putin ke Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, dalam jumpa pers, kemarin. Hingga kini, tanggal kedatangan Putin masih di awang-awang.

Baca Juga: Tajam! Xi dan Putin Kompak Serang Pakta AUKUS: Merusak Fondasi...

“Kami harap Presiden Putin bisa datang saat konferensi G20 nanti. Pertemuan Putin dan Presiden Joko Widodo tentunya akan terpisah dari even G20,” terang Dubes Vorobieva.

Saat ini, Pemerintahan kedua negara masih mempersiapkan dokumen yang bisa ditandatangani pada kunjungan Putin nanti.

“Kami saat ini mengerjakan sejumlah dokumen bilateral, antara lembaga-lembaga kita, yang bisa ditandatangani selama kunjungan. Dan dokumen utama yang kami harapkan bisa ditandatangani adalah Deklarasi Kemitraan Strategis,” imbuhnya.

Dubes Vorobieva mengata­kan, Rusia sangat menjunjung tinggi hubungan baik dengan Indonesia. Kedua negara memi­liki kepercayaan yang tinggi antara satu sama lain.

“Namun, kita tetap berparti­sipasi dengan aktif dalam acara-acara yang diorganisir oleh Indonesia dalam keketuaannya di G20. Yang terbaru adalahpertemuan Sherpa yang dilaksanakandi Jakarta,” ujarnya.

Juli lalu, Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi menyambutkedatangan Menlu Rusia Segrey Lavrov di Jakarta. Dalam per­temuan tersebut, keduanya juga membahas soal rencana kedatanganPutin ke Indonesia.

Putin terakhir kali ke Indonesia pada 2013 lalu. Kala itu, Putin menghadiri KTT APEC di Bali. Selain pertemuan APEC, saat berada di Bali, Putin ber­temu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden Joko Widodo juga sempat bertemu Presiden Putin pada 2018 lalu, di sela-sela KTT ASEAN-Singapura.

Halaman:

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan