Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Balik ke Pangkuan NKRI, Eks Teroris KKB Blak-blakan: Kami Semua Sudah Sepakat...

Balik ke Pangkuan NKRI, Eks Teroris KKB Blak-blakan: Kami Semua Sudah Sepakat... Kredit Foto: Viva
Warta Ekonomi, Jakarta -

Puluhan eks anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) dari Kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo, Kepulauan Yapen, Papua menyerahkan diri ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Momen penyerahan diri itu berlangsung di Mapolres Kepulauan Yapen, Sabtu, 18 Desember 2021.

Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi mengatakan anggota KKB yang menyerahkan diri ada 27 orang. Mereka bersedia kembali jadi bagian NKRI imbas penegakan hukum yang dilakukan aparat gabungan TNI-Polri di kampung Ambaidiru pada 8 Desember 2021 lalu.

Baca Juga: KKB Berulah Lagi, Slamet Maarif Sentil Jenderal Dudung, Omongan Pedes Bos!

"Kami selaku aparat keamanan di sini, Polres Kepulauan Yapen dan Kodim 1709/yawa mempunyai komitmen yang tinggi untuk menjaga wilayah kita, di mana masyarakat Yapen telah kami anggap sebagai bagian dari keluarga kami TNI-Polri," kata Ferdyan, dalam keterangannya, Minggu, 19 Desember 2021.

Dia menjelaskan, TNI-Polri akan terus melakukan upaya penegakan hukum secara persuasif dan humanis. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan pemahaman serta meyakinkan masyarakat bahwa TNI-Polri di Kepulauan Yapen bukan musuh tapi sebagai keluarga.

"Kami hadir di sini membantu pemerintah daerah untuk membangun Kepulauan Yapen dan membantu percepatan kesejahteraan untuk bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat. Dari sisi pendidikan dan dari sisi kesehatan," tuturnya.

Dia menambahkan, polisi menyambut baik upaya nyata puluhan eks KKB yang hadir di Polres Yapen untuk  menyerahkan diri ke NKRI. 

Menurut dia, Papua dari dulu adalah Indonesia. Kata dia, Indonesia adalah Papua dan sudah tidak ada lagi perjuangan-perjuangan yang di luar. Dia bilang tak ada lagi yang namanya perjuangan mengatasnamakan Papua Merdeka atau West Papua, Papua Barat.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan