Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jerman Soal Ukraina: Jika Siap, Rusia Pasti akan Terima Semua Konsekuensi Besar

Jerman Soal Ukraina: Jika Siap, Rusia Pasti akan Terima Semua Konsekuensi Besar Kredit Foto: Reuters/TT News Agency/Fredrik Sandberg
Warta Ekonomi, Berlin -

Menteri Luar Negeri baru Jerman Annalena Baerbock mengatakan pada Selasa (14/12/2021), dalam sebuah panggilan telepon, bahwa Rusia akan menghadapi konsekuensi besar jika menyerang Ukraina.

"Setiap bentuk intervensi dalam kedaulatan Ukraina akan memiliki konsekuensi besar bagi rezim Rusia, yang bersifat ekonomi dan diplomatik," kata Baerbock, dikutip laman Reuters.

Baca Juga: Ukraina: Tidak Ada Larangan Asing Bergabung Latihan Militer Besar 2022

Baerbock juga menyerukan dialog terbuka dan jujur dengan Rusia mengenai krisis Ukraina, selama pembicaraannya dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dalam panggilan telepon tersebut.

"Kami ingin berdialog yang jujur dan terbuka. Integritas wilayah Ukraina tidak boleh dilanggar," tulis keterangan kementerian Baerbock di Twitter.

Kementerian Luar Negeri Jerman juga menyerukan kemajuan yang harus dibuat dalam apa yang disebut pembicaraan Normandia tentang penyelesaian krisis Ukraina. Pihaknya mengatakan bahwa perjalanan bebas visa untuk anak muda Rusia juga telah muncul, termasuk kerja sama dalam hidrogen.

Sebelumnya, Ukraina menuduh Rusia mengumpulkan sekitar 100.000 tentara dalam persiapan untuk kemungkinan invasi. Ini meningkatkan kekhawatiran bahwa konflik yang membara di wilayah Donbass timur Ukraina bisa meletus menjadi perang terbuka antara tetangga.

Rusia kemudian membantah merencanakan serangan apa pun tetapi menuduh Ukraina dan Amerika Serikat melakukan perilaku yang tidak stabil, dan telah mencari jaminan keamanan terhadap ekspansi NATO ke arah timur.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan