Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Tabungan Jerman Akan Izinkan Investasi BTC dan ETH dari Giro

Bank Tabungan Jerman Akan Izinkan Investasi BTC dan ETH dari Giro Kredit Foto: Unsplash/Stanislaw Zarychta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank tabungan Jerman berencana untuk mengizinkan pelanggan berinvestasi dalam mata uang digital utama seperti Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) langsung dari rekening giro.

Bank tabungan di negara-negara berbahasa Jerman, yang juga dikenal sebagai Sparkassen, sedang mengerjakan percontohan untuk meluncurkan dompet dan pertukaran cryptocurrency in-house tahun depan, menurut majalah bisnis lokal Capital yang melaporkan pada hari Senin, (13/12).

Baca Juga: Dianggap Lindung Nilai yang Hebat, Miliarder Ini Yakin Bitcoin Bakal Tembus Rp14 M per Koin

Proyek percontohan harus disetujui oleh komite Sparkasse awal tahun depan, sementara asosiasi perbankan bertujuan untuk mengembangkan layanan terkait pada awal 2022.

Seorang juru bicara Asosiasi Bank Tabungan Jerman mengkonfirmasi berita itu kepada dengan menyatakan, "Semakin banyak konsumen yang tertarik pada aset kripto. Satu dari sepuluh pelanggan Bank Tabungan Jerman menyatakan bahwa dia memiliki atau telah memiliki aset kripto. Mempertimbangkan ekspektasi mereka, Grup Keuangan Bank Tabungan harus melihat aset kripto, juga."

Perwakilan itu menambahkan bahwa kelompok ahli dari penyedia layanan TI Jerman S-Payment sekarang sedang menjajaki cara untuk memberikan opsi menyimpan aset kripto dengan aman di dompet untuk pelanggan terpilih."

Proyek percontohan yang sesuai harus dimulai terlebih dahulu dengan bank tabungan individu, dengan masing-masing dari 370 Sparkassen secara independen memutuskan apakah akan memperkenalkan perdagangan kripto atau tidak. Menurut sumber Capital, sejumlah bank telah menyatakan minat yang signifikan pada platform kripto.

Sparkassen sendiri adalah sekelompok bank tabungan komersial, masing-masing beroperasi secara independen di negara-negara berbahasa Jerman, bergabung dalam struktur desentralisasi. Dengan sekitar 50 juta nasabah, bank tabungan tersebut dilaporkan memiliki total aset sebesar 1 triliun euro (1,2 triliun dolar).

Untuk informasi Jerman telah muncul sebagai salah satu negara paling ramah kripto di dunia, dengan Otoritas Pengawas Keuangan Federal mengeluarkan lisensi bisnis penyimpanan kripto untuk lengan Jerman Coinbase awal tahun ini. Operator pasar saham Jerman Deutsche Boerse juga telah mendaftarkan lebih dari 20 produk yang diperdagangkan di bursa kripto di bursa digitalnya, Xetra.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan