Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Peran Minyak Sawit dalam Menambah Cita Rasa Makanan

Peran Minyak Sawit dalam Menambah Cita Rasa Makanan Kredit Foto: Antara/Rahmad
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dosen IPB University, Dr. Dase Hunaefi dalam talkshow dengan tema “Memilih Minyak dan Lemak yang Melezatkan Makanan serta Baik untuk Kesehatan” yang diselenggarakan atas kolaborasi antara Southeast Asean Food and Science and Technology (Seafast) Center IPB University dan GAPKI, menyebutkan bahwa peranan minyak sawit, salah satunya adalah untuk menambah cita rasa dalam makanan. 

“Pilih minyak yang memiliki karakteristik sensori yang baik dari segi warna, aroma, serta rasanya. Meski warna merupakan standar kualitas, tetap harus dipastikan bahwa warna yang jernih dari minyak bukan berasal dari proses penjernihan yang berulang-ulang, karena ini justru tidak baik,” ungkap Dr. Dase, dilansir laman ipb.ac.id. 

Baca Juga: Kolaborasi Pengembangan Integrasi Sawit - Sapi dan Sumber Pakan

Lebih lanjut disampaikan Dr. Dase untuk menghasilkan pangan olahan yang lezat, maka minyak goreng selayaknya hanya digunakan satu kali. Karena pada penggunaan setelahnya, kualitas dari minyak sudah mengalami penurunan, sehingga makanan yang dihasilkan menjadi kurang lezat bahkan bisa menimbulkan zat karsinogen dalam makanan.

Sementara itu, Ketua Dewan Redaksi Kulinologi Indonesia, Hindah J Muaris menyebutkan bahwa sifat fisik, kimia, dan gizi minyak sawit dan produk turunannya sangat cocok untuk diaplikasikan pada produk pangan olahan.

“Minyak goreng sawit memiliki karakter tahan panas yang tinggi sehingga tidak mudah teroksidasi. Sehingga sangat cocok dalam industri pangan yang membutuhkan minyak dengan durabilitas yang tinggi,” ujar Hindah.

Lebih lanjut disampaikan Hindah, produk pastry yang menggunakan minyak sawit akan memiliki tekstur dan keawetan yang lebih baik. Selain itu, mentega putih atau shortening yang merupakan produk turunan kelapa sawit juga berperan memperbaiki cita rasa, struktur, keempukan, serta volume kue maupun roti setelah dipanggang.

“Kelebihan lain yang dimiliki produk kelapa sawit ialah rasa dan bau yang netral, serta tidak cepat penguk. Sehingga cocok untuk berbagai macam olahan makanan dimulai dari pastry, selai, es krim, mayonais, coklat, frozen food, dan berbagi hidangan lain,” imbuhnya.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan