Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ketar-ketir, PM Israel Naftali Bennett Kunjungi Negara Arab Demi Hadapi Nuklir

Ketar-ketir, PM Israel Naftali Bennett Kunjungi Negara Arab Demi Hadapi Nuklir Kredit Foto: AP Photo/Abir Sultan
Warta Ekonomi, Yerusalem -

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett pada Minggu (12/12/2021) melakukan perjalanan bersejarah ke Uni Emirat Arab (UEA). Ini merupakan kunjungan pertama oleh seorang perdana menteri Israel, sebagai bagian dari diplomasi regional dengan latar belakang kesulitan pembicaraan nuklir dengan Iran.

Dilansir Associated Press, perjalanan Bennett ke Abu Dhabi, di mana dia akan bertemu dengan Putra Mahkota Mohamed bin Zayed, merupakan tonggak sejarah bagi Israel dan pemimpin barunya.

Baca Juga: Amerika dan Israel Membahas Latihan Militer Siapkan Skenario Terburuk buat Iran

Israel dan UEA tahun lalu menandatangani kesepakatan normalisasi yang ditengahi oleh pemerintahan Trump di bawah “Kesepakatan Abraham,” serangkaian perjanjian diplomatik dengan negara-negara Arab yang juga termasuk Bahrain, Sudan dan Maroko.

Israel dan UEA telah lama berbagi kecemasan bersama atas program nuklir Iran. Kesepakatan untuk menjalin hubungan antar negara hanya meningkatkan ketegangan dengan Republik Islam.

Bennett diterima oleh pengawal kehormatan dan disambut oleh menteri luar negeri UEA, Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan.

“Saya sangat senang berada di sini, pada kunjungan resmi pertama oleh seorang pemimpin Israel,” kata Bennett. “Kami berharap dapat memperkuat hubungan diplomatik antar negara.”

Israel telah menyaksikan dengan prihatin ketika Iran telah mendorong garis keras terhadap pertemuan perunding di Wina, sekaligus menuntut keringanan sanksi sambil mempercepat program nuklirnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, Israel telah mengirim diplomat utamanya dan kepala pertahanan dan mata-matanya untuk bertemu sekutu di Eropa, AS dan Timur Tengah untuk mendorong pendekatan yang lebih tegas ke Iran.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan