Isu Reshuffle, Ini Deretan Menteri yang Terancam Didepak dari Kabinet Jokowi, Moeldoko Siap-siap Ya!

Isu Reshuffle, Ini Deretan Menteri yang Terancam Didepak dari Kabinet Jokowi, Moeldoko Siap-siap Ya! Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam memprediksi sejumlah menteri di kabinet Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin bakal kena depak pada reshuffle kali ini.

Menurut perkiraan Umam, salah satu menteri yang terimbas reshuffle adalah Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Kata dia, posisi Moeldoko berpotensi digantikan oleh mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang pensiun baru-baru ini.

"Yang potensial kena reshuffle antara lain KSP Moeldoko denga digantikan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto,” kata Umam ketika dikonfirmasi Rabu (8/12/2021). 

Baca Juga: Kekecewaan NasDem ke Jokowi Ditelanjangi Pakar, Ujung-ujungnya Dukung Anies

Selanjutnya,menteri yang juga potensial dicopot Jokowi lanjut adalah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Gus Yaqut sapaan Menag, berpeluang dicopot lantaran gonjang ganjing muktamar NU 

“Menteri Agama (juga berpeluang dicopot) akibat kencangnya dinamika jelang Muktamar NU," ujarnya.

Selain kedua menteri yang disebutkan tadi,  Menko PMK Muhadjir Effendy, Mendikbud Nadiem Makarim, hingga Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga sangat berpeluang ditendang dari kabinet Jokowi.  Posisi yang ditinggalkan ketiganya, bakal diisi orang PAN yang baru saja masuk kabinet dan orang- orang  Muhammadiyah.

"Menko PMK, Mendikbud atau Menteri Investasi untuk mengakomodir representasi Muhammadiyah dan PAN," tuturnya.

Umam menyebut jabatan lainnya yang diprediksi berpotensi direshuffle adalah Jaksa Agung dan Menaker. Keduanya imbas persoalan yang dihadapi di kementerian dan lembaganya.

"Jaksa Agung yang belakangan semakin kontroversial terkait track record pendidikan hingga urusan pribadi keluarga atau Menakertrans pasca ditolaknya UU Cipta Kerja oleh MK dan mulai memunculkan dinamika di kalangan buruh, dll," sebutnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Populis Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Populis. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Populis.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini