Profesor Virologi Denmark Ramalkan Situasi Ketika Varian Omicron Jadi Dominan di Dunia

Profesor Virologi Denmark Ramalkan Situasi Ketika Varian Omicron Jadi Dominan di Dunia Kredit Foto: Reuters/Andrew Boyers

Allan Randrup Thomsen, seorang profesor virologi eksperimental di Universitas Kopenhagen, mengatakan ada banyak indikasi bahwa jenis Omicron lebih menular daripada Delta, yang sebelumnya dianggap paling berbahaya.

"Tampaknya menyebar lebih banyak, dan tampaknya lebih mudah menyebar ke orang yang sebelumnya terinfeksi", kata Randrup Thomsen, dilansir Spuntik News.

Baca Juga: Prancis Biasa Saja Hadapi Omicron, Nataru Tanpa Lockdown tapi Melarang Ini

Namun, pada saat yang sama, ahli virologi menekankan bahwa perjalanan penyakitnya tidak separah Delta.

Allan Randrup berpendapat bahwa Omicron pada akhirnya akan menjadi strain COVID yang dominan, tetapi menolak untuk memprediksi kapan tepatnya itu akan terjadi.

Pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, varian Omicron telah mendorong pemerintah di seluruh dunia untuk meluncurkan peningkatan pembatasan perjalanan dan mengambil langkah-langkah kesehatan masyarakat tingkat lanjut.

Antara lain, banyak negara telah menutup perbatasannya untuk penumpang asing yang datang dari negara-negara Afrika terlepas dari apakah mereka memiliki sertifikat vaksinasi penuh atau pemulihan dari COVID-19.

Karena strain Omicron telah mencapai beberapa negara Eropa, dengan angka infeksi yang meningkat, para peneliti telah memperingatkan bahwa itu bisa lebih berbahaya dan resisten terhadap vaksin karena jumlah mutasi yang lebih besar.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini