Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harus Dievaluasi! 6 Kecelakaan Bus Transjakarta Terjadi dalam 40 Hari Terakhir

Harus Dievaluasi! 6 Kecelakaan Bus Transjakarta Terjadi dalam 40 Hari Terakhir Kredit Foto: Viva
Warta Ekonomi -

Setidaknya ada enam kecelakaan bus Transjakarta yang terjadi dalam kurun waktu dua bulan belakangan ini. Bahkan, ada beberapa kecelakaan yang sampai merenggut nyawa korban. Kemarin, Senin, 6 Desember 2021, bus Transjakarta menabrak salah seorang pejalan kaki di dekat Halte SMK 57, Jakarta Selatan. Akibat kecelakaan tersebut, korban yang berinisial RH meninggal dunia.

Beberapa hari yang lalu PT Transjakarta akan menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT supaya melaksanakan audit pada operasional bus yang menjadi andalan untuk masyarakat Ibu Kota tersebut. Bahkan, Badan Pengawas BUMD DKI pun ikut turun tangan. Mereka, saat ini sedang mengevaluasi mengenai kinerja direksi PT Transjakarta karena banyaknya kecelakaan bus tersebut. Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah rentetan kecelakaan bus Transjakarta.

Baca Juga: TransJakarta Mengakui Sejumlah Sopirnya Masih Suka Ngebut

Rentetan Kecelakaan Bus Transjakarta Selama 2 Bulan Terakhir

1. Kecelakaan di Dekat Halte SMK 57, Jakarta Selatan

Hari Senin, 6 Desember 2021, sekitar pukul 21.50 WIB, bus Transjakarta kembali terlibat kecelakaan yang mengakibatkan korbannya meninggal dunia. Kecelakaan tersebut berawal ketika bus Transjakarta baru melewati halte SMK 57 menuju arah Klender. Selain itu, korban yang berinisial RH meninggal di tempat kejadian.

Setelah itu, jasad RH dilarikan ke RS Cipto Mangukusumo Jakarta untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Sopir bus yang terlibat dalam kecelakaan tersebut sudah diamankan oleh pihak berwajib dan sedang dilakukan pemeriksaan. Dugaan sementara kecelakaan tersebut disebabkan oleh cuaca dan kurangnya penerangan di area lokasi kejadian.

2. Kecelakaan di Jl. Pramuka

Di hari yang sama, tepatnya tanggal 6 Desember 2021 dini hari, bus Transjakarta kembali terlibat kecelakaan yang menabrak sepator jalur di Jalan Pramuka, Jakarta Timur. Ketika bus melintas di Jalan Pramuka, ada sebuah truk molen di depan bus yang mendadak berpindah jalur dari kiri ke kanan.

Karena itu, sopir bus kemudian berusaha untuk menghindari truk molen tersebut, sampai menabrak separator jalur. Akibat kecelakaan tersebut, bus Transjakarta mengalami kerusakan pada bagian depan karena menghantam separator tersebut. Untungnya, dalam kecelakaan ini tidak ada korban jiwa.

3. Kecelakaan di Ciledug

Masih di hari yang sama, Senin, 6 Desember 2021, bus Transjakarta kembali terlibat kecelakaan yang terjadi di sekitar Halte Puri Beta, Ciledug, Kota Tangerang. Kecelakaan ini terjadi lantaran sopir bus lupa untuk menarik rem tangan saat akan buang air kecil. Kecelakaan ini diperkirakan terjadi sekitar pukul 09.40 WIB. Dalam kecelakaan ini juga tidak ada korban jiwa atau luka-luka.

4. Kecelakaan di Jl. Sudirman

Hari Jumat, (3/12) lalu, bus Transjakarta menabrak pembatas jalur busway yang berada di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Ratu Plaza. Karena kejadian tersebut, bagian depan dan sisi kiri bus mengalami kerusakan yang cukup parah serta beton separator pun pecah.

Sang sopir yang bernama Ade Setiyono mengaku kehilangan kendali karena botol air mineral yang menggelinding ke pedal gas. Ia mengaku tidak dalam kondisi mengantuk. Ia hanya menjelaskan bahwa saat sedang mengemudi tiba-tiba botol air mineral menggelinding sampai arah pedal gas dan kehilangan kendali.

Baca Juga: Soal Ketentuan di Libur Nataru 2021, Mas Anies Tak Ikuti Arahan Luhut?

5. Kecelakaan Transjakarta di Cililitan

Kamis, 2 Desember 2021, bus Transjakarta kembali menabrak Pos Lantas PGC, Cililitan, Jakarta Timur. Kejadian tersebut mengakibatkan salah seorang petugas yang tengah beristirahat di Pos Lantas PGC terluka. Bukan hanya itu, kecelakaan tersebut juga mengakibatkan Pos Lantas hancur lebur. Sampai akhirnya bangunan tersebut dihancurkan seluruhnya karena sudah tidak bisa diperbaiki.

6. Kecelakaan Transjakarta di Cawang

Tabrakan ini melibatkan dua bus Transjakarta yang berada di Cawang, Jakarta Timur dan sampai merenggut nyawa korban. Dua orang tewas karena kecelakaan tersebut. Peristiwa maut tersebut terjadi di jalur Transjakarta tepatnya di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Senin, 25 Oktober 2021.

Selain adanya korban tewas, kecelakaan tersebut juga membuat 37 penumpang mengalami luka-luka. Dua bus yang terlibat dalam kecelakaan tersebut juga mengalami kerusakan parah. Bus yang menabrak dari belakang mengalami kerusakan dari depan, dan bus yang ditabrak mengalami kerusakan di bagian belakang.  

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan